Penyebab Kemunduran VOC dan Masa Berdirinya Pemerintahan Republik Bataaf Serta Tujuan Pengiriman Herman Willem Daendels

Berikut ini adalah pmbahasan materi terkait tentang penyebab kemunduran VOC, masa pemerintahan republik bataaf, masa voc, republik bataaf, keruntuhan voc, faktor kebangkrutan voc, faktor bubarnya voc, dan Herman willem daendels.

Penyebab Kemunduran VOC, Republik Bataaf, dan Pengiriman Willem Daendels

Kemunduran VOC

Setelah lebih kurang 200 tahun berkuasa, akhirnya VOC (Kompeni) mengalami kemunduran dan kebangkrutan. Hal ini disebabkan banyak biaya perang yang dikeluarkan untuk mengatasi perlawanan penduduk, terjadinya korupsi di antara pegawai-pegawainya, dan timbulnya persaingan dengan kongsi-kongsi dagang yang lain. Faktor-faktor itulah, akhirnya pada tanggal 31 Desember 1799, secara resmi VOC dibubarkan.
Penyebab Kemunduran VOC (Kompeni) adalah banyaknya biaya perang yang di keluarkan, mengatasi perlawanan penduduk, terjadinya korupsi antar pegawai dan timbulnya persaingan antar kongsi dagang yang lain

Berdirinya Republik Bataaf

Kekuasaan VOC kemudian diambil alih oleh pemerintah Hindia Belanda. Hal ini secara tidak langsung memengaruhi koloni Belanda di Indonesia.

Perubahan politik yang terjadi di Belanda, merupakan pengaruh revolusi yang dikendalikan oleh Prancis. Dalam revolusi tersebut, kekuasaan raja Willem V runtuh, dan berdirilah Republik Bataaf. Tidak lama kemudian Republik Bataaf juga dibubarkan dan Belanda dijadikan kerajaan di bawah pengaruh Prancis, sebagai rajanya adalah Louis Napoleon.

Louis Napoleon kemudian mengirim Herman Willem Daendels sebagai gubernur jenderal dengan tugas utama mempertahankan pulau Jawa dari ancaman Inggris. Juga diberi tugas mengatur pemerintahan di Indonesia.

Baca juga: Sistem Penyerahan Wajib

0 Response to "Penyebab Kemunduran VOC dan Masa Berdirinya Pemerintahan Republik Bataaf Serta Tujuan Pengiriman Herman Willem Daendels"

Post a Comment