Bentuk-bentuk dan Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Berikut ini adalah pembahasan tentang kerusakan lingkungan hidup bentuk kerusakan lingkungan, penyebab kerusakan lingkungan, penyebab kerusakan lingkungan air, penyebab kerusakan lingkungan tanah, penyebab kerusakan lingkungan udara, kerusakan lingkungan akibat ulah manusia, faktor penyebab kerusakan lingkungan, kerusakan alam akibat ulah manusia, kerusakan lingkungan akibat manusia, penyebab kerusakan lingkungan hidup, bentuk bentuk kerusakan lingkungan hidup, kerusakan lingkungan akibat alam.

Bentuk-bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup dan Penyebabnya

Beberapa bentuk kerusakan lingkungan, antara lain kerusakan lingkungan lahan (tanah dan tumbuhan), kerusakan lingkungan air, dan kerusakan lingkungan udara.

1. Kerusakan Lingkungan Lahan

Beberapa hal yang menyebabkan rusaknya lingkungan lahan hingga mengakibatkan lahan kritis, antara lain adanya:
  1. Penebangan hutan oleh masyarakat petani untuk memperoleh lahan pertanian baru.
  2. Penebangan hutan yang dilakukan para pengusaha tanpa memerhatikan tebang pilih, berakibat hutan menjadi lahan gundul, hewan banyak yang mati. 

Akibat lainnya adalah akan mengakibatkan tanah longsor dan banjir pada waktu musim penghujan, karena air sudah tidak ditampung lagi di kawasan hutan dan akan langsung mengalir di daerah permukaan. Pada waktu musim kemarau kesulitan air baik untuk air rumah tangga, pertanian, maupun industri.

2. Kerusakan Lingkungan Air

Hal utama yang menyebabkan kerusakan lingkungan air adalah pembuangan limbah yang mengakibatkan pencemaran air.

3. Kerusakan Lingkungan Udara

Hal utama yang menyebabkan kerusakan lingkungan udara adalah pembuangan limbah gas mesin yang mengakibatkan pencemaran udara.

Contohnya di kota-kota besar, Kawasan JABOTABEK (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi), Semarang, Surabaya, dan lain-lainnya.

0 Response to "Bentuk-bentuk dan Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup"

Post a Comment