Alasan Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung pada Alam

Berikut ini adalah pembahasan tentang suatu tema yang cukup menggelitik, yaitu mengapa negara maju tidak tergantung pada alam? Atau pertanyaan lain yaitu; apakah benar negara maju tidak tergantung pada alam?

Apakah yang dimaksud dengan Negara Maju?

Sebelum membahas pertanyaan tersebut sebaiknya kita mengetahui definisi dari negara maju terlebih dahulu. Apakah yang dimaksud dengan negara maju?
Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.
Definisi tersebut diperkuat dengan kriteria atau ciri yang dimiliki oleh negara maju, diantara ciri-ciri negara maju adalah;
  1. Sebagaian besar pendapatan Negara Berasal dari Industri dan Jasa
  2. Pendapatan Perkapita Tinggi
  3. Rendahnya Tingkat Pengangguran
  4. Disiplin dan Menghargai Waktu
  5. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  6. Lambatnya Laju Pertumbuhan Penduduk
  7. Sebagian Penduduk Tinggal di Kota
  8. Krisis Lingkungan Cepat Diatasi

Setelah mengetahui definisi dan kriteria atau ciri-ciri negara maju di atas, tentunya akan lebih memudahkan untuk menjawab pertanyaan; mengapa negara maju tidak tergantung pada alam?

Alasan kenapa negara maju tidak tergantung pada alam


1. Teknologi Yang Modern 

Dikarnakan teknologi yang dipakai sudah modern serta SDM yang mumpuni, maka negara maju sudah tidak tergantung lagi pada keadaan alam. Seperti contohnya negara Jepang.

Mereka bercocok tanam tidak lagi tergantung pada lahan atau keadaan alam, walau di Negara jepang beriklim sub tropis namun mereka bercocok tanam menggunakan bioteknologi, yang keunggulannya adalah bisa menanam tiga sampai lima jenis tanaman dalam satu tempat dengan keterbatasan lahan, namun menghasilkan output yang lebih maksimal.

2. Fokus pada Prosuk jasa dan industri

Contohnya saja negara China saat yang berfokus pada tempat perakitan saja, sedangkan tempat penelitian dan perkembangan teknologinya dinegara-negara lain. China lebih memilih keunggulan komparatifnya yaitu jasa perakitan, keuntungan yang didapat dari china sendiri yaitu mampu mengekspor barang yang tidak bisa diproduksi negaranya sendiri.

Sedangkan keuntungan bagi negara lain yaitu lebih efisiensi pembiayaan untuk memproduksi barang tersebut, karna china terkenal pengupahannya lebih murah ketimbang dinegara-negara lain. China sendiri adalah negara maju yang tidak tergantung lagi pada alam, karna mereka sudah menemukan keunggulan komparatif yang berupa jasa perakitan.

3. Keterbatasan wilayah

Bukan berarti negara maju yang sudah sangat modern teknologinya tidak memiliki sumberdaya alam, melainkan mereka menyimpannya untuk masa depannya, dikarnakan mereka sudah mempredeksikan akan kehabisan sumberdaya alamnya jika mereka memakainya terus menerus. Oleh sebab itu mereka menjajah Negara berkembang yang kaya akan sumberdaya alamnya.

4. Tidak memiliki SDA yang Cukup

Tentusaja hampir semua negar maju adalah negara yang fokus pada sektor industri. Mereka sangat sedikit kekayaan alam yang dimilikinya mungkin  hanya sebagian negara maju yang memiliki kekayaan alam seperti contohnya inggris yang terkenal dengan hasil buminya yaitu anggur.

Akan tetapi kebanyakan negara maju mendapatkan kekayaan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mereka peroleh dari negara-negara berkembang yang kaya akan kekayaan alamnya. Seperti Indonesia yang belum mampu mengelola kekayaan alamnya sehingga menjadi kesempatan emas bagi negara-negara berkembang untuk bertindak.

 5. Memiliki modal yang besar

Keterbatasan wilayah akan alam tidak menghambat bagi negara maju untuk memproleh hasil alam dari negara yang tidak bisa mengelola kekayaannya. Sebagaimana diketahui bahwa butuh dana dan modal besar untuk mengelola hasil alam, terlebih lagi lokasinya dikedalaman seperti papua.

Selain dari alat yang butuh dana besar selain itu susahnya jalan yang ditempuh ditambah lagi kondisi yang sangat primitif. Hal tersebut tidak bisa di lakukang dengan modal yang kecil. Oleh sebab itu kebanyakan negara tersebut sangat tergantung pada negara maju yang memiliki modal besar.

6. Karena sudah memiliki keunggulan absolut dan keunggulan komparatif

Pengertian dari keunggulan absolut advantage adalah keunggulan yang harus dimiliki oleh suatu negara yang mana mampu menganalisis potensi ekonomi wilayahnya. Sehingga bisa fokus dan mengembangkannya menjadi keunggulan yang potensial.

Sedangkan pengertian keunggulan komparatif adalah suatu kegiatan ekonomi yang menurut perbandingan lebih menguntungkan begi pengembangan daerah. Jadi tujuan keunggulan komparatif adalah memproduksi dengan kuantitas sebaik mungkin dengan biaya yang efisien.

Contohnya saja china yang sudah memiliki keunggulan absolutnya yaitu teknologi kemudian telah mendapatkan keunggulan komparatifnya berupa tempat perakitan, maka sangat kecil kemungkinan china mengelola alam.

Baca juga: Mengatasi Masalah Kependudukan
loading...

0 Response to "Alasan Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung pada Alam"

Post a Comment