Upaya Mengatasi dan Menanggulangi Masalah Kependudukan di Indonesia

Berikut ini adalah pembahasan tentang masalah kepandudukan di Insonesia yang meliputi Penanggulangan Masalah Kependudukan di Indonesia, permasalahan kependudukan di indonesia, solusi masalah kependudukan di indonesia, upaya mengatasi masalah kependudukan di indonesia, solusi mengatasi kepadatan penduduk.

Upaya Mengatasi Masalah Kependudukan di Indonesia

Bervariasinya masalah kependudukan di Indonesia perlu ditanggulangi. Beberapa permasalahan kependudukan di Indonesia yang telah ditanggulangi antara lain dengan cara sebagai berikut.

1. Program Transmigrasi

Transmigrasi merupakan upaya yang dilakukan untuk memeratakan kepadatan penduduk dengan cara memindahkan penduduk yang dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya.

Di Indonesia, transmigrasi telah dilakukan pemerintah sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Penduduk di Pulau Jawa yang padat dipindahkan ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan pulau lainnya yang masih jarang penduduknya.

Macam-macam Jenis Transmigrasi

Jenis transmigrasi dapat digolongkan menjadi, transmigrasi umum dan transmigrasi swakarsa.
  1. Transmigrasi umum, yaitu yang dilakukan oleh pemerintah baik prakarsa, pembiayaan maupun penempatannya.
  2. Transmigrasi swakarsa berbantuan bila prakarsa oleh penduduk dan lainnya pemerintah dan swakarsa murni bila prakarsa dan pembiayaannya oleh penduduk sendiri.

2. Program Keluarga Berencana

Keluarga Berencana atau lebih populer dengan singkatan KB telah mulai dicanangkan pemerintah sejak tahun 1970. Pemerintah menghimbau para orangtua agar membatasi jumlah anak hanya dua saja.

Tujuan dari program KB adalah untuk menurunkan angka kelahiran atau menurunkan pertumbuhan penduduk. Dengan program KB diharapkan ledakan penduduk tidak terjadi. Program ini telah berhasil menurunkan angka pertumbuhan penduduk secara signifikan (berarti).

3. Membangun Pusat-Pusat Industri di Luar Pulau Jawa

Pusat-pusat industri di Indonesia saat ini terpusat di pulau Jawa. Hal ini mengakibatkan penduduk terkonsentarasi di Pulau Jawa. Pemerintah dengan melakukan regionalisasi wilayah pembangunan berupaya membangun pusat-pusat industri baru di wilayah-wilayah yang jarang penduduknya.

Saat ini pemerintah sudah mulai melakukan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia (Sulawesi, Maluku, dan Papua) secara intensif. Prasarana ekonomi berupa jalan, jembatan maupun pemekaran wilayah administrasi telah dikembangkan/dilakukan.

Tujuannya agar kegiatan ekonomi, pelayanan sosial/pemerintahan dapat lebih lancar. Dengan demikian, diharapkan konsentrasi penduduk tidak lagi ada di Pulau Jawa tetapi menyebar.

loading...

0 Response to "Upaya Mengatasi dan Menanggulangi Masalah Kependudukan di Indonesia"

Post a Comment