Tujuan dan Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional bagi Suatu Negara

Berikut ini adalah pembahasan tentang manfaat kerjasama internasional, keuntungan kerjasama internasional, tujuan kerjasama internasional, tujuan hubungan internasional, manfaat hubungan internasional, tujuan kerjasama ekonomi internasional, manfaat kerjasama ekonomi internasional, manfaat perdagangan internasional, tujuan kerjasama ekonomi antar negara, pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara.

Kerja sama ada yang menguntungkan, dan ada yang merugikan. Hal ini bergantung pada kemampuan suatu negara untuk bernegosiasi dan posisi tawar mereka dibanding negara lain.

Meski demikian, secara umum, kerja sama dibina untuk mendatangkan keuntungan bagi seluruh pihak yang terlibat. Berikut akan kita pelajari lebih lanjut mengenai kerja sama.

Pembagian Negara

Ditinjau dari segi kehidupan ekonominya, negara- negara di dunia dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yakni sebagai berikut.
  1. Negara-negara yang telah maju industrinya, misalnya negara-negara di Eropa Barat dan Amerika Serikat yang dikenal dengan istilah Developed Countries.
  2. Negara-negara yang sedang berkembang, misalnya negara-negara di Asia yang dikenal dengan istilah Developing Countries.
  3. Negara-negara yang tergolong miskin, misalnya beberapa negara di Afrika yang dikenal dengan istilah Underdeveloped Countries.

Pahami baik-baik pembedaan antara negara-negara maju (industri), negaranegara berkembang, dan negara-negara miskin. Ada juga istilah negara-gagal (failed country).

Oleh karena perbedaan-perbedaan tingkat kemajuan negara-negara di dunia, maka berpengaruh juga dalam kehidupan di masing-masing negara tersebut.

Perbedaan-perbedaan dan keistimewaan-keistimewaan antara satu negara dengan negara lain itulah yang mendorong timbulnya kerja sama ekonomi baik yang bersifat regional maupun yang bersifat multilateral.

Kerja sama ekonomi yang bersifat internasional sangat diperlukan dalam rangka mencapai kemakmuran masing-masing negara, baik negara maju, negara berkembang, maupun negara miskin, dan terbelakang.

Indonesia membina hubungan kerja sama dengan negara-negara lain dengan membawa berbagai kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki.

Kelebihan dan Keistimewaan Indonesia

Coba sebutkan apa saja keistimewaan dan kelebihan yang dimiliki negara kita! Ada beberapa keistimewaan yang menjadi nilai plus bangsa Indonesia.

Keistimewaan-keistimewaan itu adalah sebagai berikut.
  1. Letak astronomis dan geografis yang sangat strategis, yaitu berada di antara benua Asia dan Australia dan di antara lautan Pasifik dan lautan Hindia.
  2. Memiliki ribuan pulau besar dan kecil sehingga kaya akan sumber daya alam.
  3. Memiliki iklim tropis, iklim laut, dan iklim musim sehingga menjadikan tanah-tanah subur.
  4. Memiliki hasil tambang, hasil laut, hasil hutan, perkebunan, dan pertanian yang sangat dibutuhkan negara-negara lain.
  5. Kultur tradisional Indonesia menghasilkan berbagai hasil kebudayaan seperti misalnya batik, ukiran, pahat, dan lain-lain yang merupakan hasil kerajinan.

Oleh karena Indonesia memiliki sumber daya ekonomi dan ditunjang dengan kemajuan IPTEK, maka Indonesia menjadi cukup tangguh dalam lalu lintas perekonomian antarnegara.

Kalau kamu perhatikan keistimewaan dan kelebihan yang dimiliki negara dan bangsa Indonesia di atas, apa hubungannya dengan kerja sama ekonomi internasional? Pasti ada hubungan.

Letak geografis yang sangat strategis, misalnya. Kapal-kapal asing yang ingin berlayar dan berdagang dengan negara-negara di sebelah Selatan atau Utara Indonesia pasti melewati perairan Indonesia. Dan itu menguntungkan secara ekonomi.

Bagaimana dengan kelebihan iklim tropis yang kita miliki? Di kepulauan Indonesia hidup dan berkembang berbagai kekayaan alam yang dapat dijual di pasar internasional.

Sebut saja berbagai hasil hutan, pertanian, perkebunan, hasil laut, barang tambang, dan sebagainya. Coba kamu jelaskan lebih lanjut dengan memperhatikan kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki bangsa dan negara Indonesia.

Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional

Indonesia akan tetap dan terus memanfaatkan kerja sama internasional baik yang bersifat regional maupun multilateral karena bermanfaat bagi perekonomian Indonesia.

Menurut pendapatmu, apa saja manfaat atau keuntungan yang bisa diperoleh negara kita ketika bekerja sama di bidang ekonomi dengan negara lain?

Manfaat kerja sama ekonomi bagi Indonesia antara lain sebagai berikut.
  1. Indonesia tidak harus membuat sendiri dalam mencukupi kebutuhan dalam negeri.
  2. Kegiatan ekspor Indonesia ke luar negeri menghasilkan devisa sekaligus memperluas lapangan kerja yang pada akhirnya mengurangi pengangguran.
  3. Produsen akan memperoleh pasaran di luar negeri sehingga produksi dapat dilakukan secara besar-besaran.
  4. Munculnya penemuan baru hasil dari teknologi baru.
  5. Dengan devisa yang banyak, Indonesia dapat membiayai kegiatan impor khususnya barang modal.
  6. Dengan kegiatan kerja sama ekonomi maka dapat tercipta perdamaian dan solidaritas antarbangsa di dunia.

Baca juga: Lembaga Kerjasama Internasional
loading...

0 Response to "Tujuan dan Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional bagi Suatu Negara"

Post a Comment