Pengertian, Tugas dan Tujuan IMF (International Monetary Fund)

Berikut ini adalah pembahaan tentang salah satu organisasi internasional di bidang ekonomi yaitu IMF yang meliputi pengertian imf, tujuan imf, tugas imf, kapan imf didirikan, negara anggota imf, organisasi internasional imf, International Monetary Fund, Dana Moneter Internasional.

Pengertian IMF (International Monetary Fund)

Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) adalah organisasi internasional yang bertanggung jawab dalam mengatur sistem finansial global dan menyediakan pinjaman kepada negara anggotanya untuk membantu masalahmasalah keseimbangan neraca keuangan masing-masing negara.
Dana Moneter Internasional adalah organisasi internasional beranggotakan 188 negara yang bertujuan mempererat kerja sama moneter global, memperkuat kestabilan keuangan, mendorong perdagangan internasional, memperluas lapangan pekerjaan sekaligus pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dan mengentaskan kemiskinan di seluruh dunia. (Wikipedia)
Organisasi ini bermarkas di Washington, D.C. IMF dibentuk pada tahun 1944 dalam Konferensi Bretton Woods, kemudian diresmikan tahun 1945 dengan 29 negara anggota pada awalnya.

IMF tepatnya didirikan pada tanggal 27 September 1945 sesudah Konferensi Bretton Woods di USA. Sebagai badan organisasi keuangan internasional, badan ini telah banyak memberi bantuan keuangan kepada negara-negara sedang berkembang.

Tugas IMF (International Monetary Fund)

Tugasnya melancarkan kembali tata pembayaran internasional yang kacau akibat Perang Dunia II. Negara-negara yang membutuhkannya dibantu dengan devisa yang bersangkutan.

Indonesia menjadi anggota IMF tahun 1954. Pada tahun 1963, Indonesia keluar dari ikatan tersebut karena mengundurkan diri sebagai anggota PBB. Tahun 1966, Indonesia masuk kembali sebagai anggota IMF.

Tujuan IMF (International Monetary Fund)

IMF memiliki tujuan-tujuan berikut.
  1. memperluas kerja sama dalam lapangan ekonomi keuangan (moneter);
  2. menunjang tercapainya tingkat kesempatan kerja dan tingkat pendapatan riil yang tinggi dengan cara memanfaatkan sumber-sumber produksi yang ada;
  3. membina kearah tercapainya stabilitas (kemantapan) kurs dan mempertahankan kurs yang teratur di antara negara-negara anggotanya;
  4. membina ke arah terwujudnya sistem pembayaran multilateral dan menghindarkan pembatasan penukaran uang asing;
  5. membantu negara anggota yang mengalami ketidakseimbangan struktur neraca pembayaran; dan
  6. memperlancar lalu lintas pembayaran internasional.

Baca juga: Tugas dan Tujuan ECOSOC

0 Response to "Pengertian, Tugas dan Tujuan IMF (International Monetary Fund)"

Post a Comment