Pengertian, Tugas dan Tujuan IBRD atau World Bank (Bank Dunia)

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu organisasi ekonomi internasional yaitu IBRD atau World Bank yang meliputi pengertian world bank, pengertian bank dunia, pengertian ibrd, tujuan world bank, tujuan ibrd, tugas ibrd, tugas world bank, anggota ibrd.

Pengertian IBRD (International Bank for Reconstruction and Development)

Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan atau International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) adalah institusi keuangan internasional yang menawarkan pinjaman kepada negara berkembang dengan pendapatan menengah. 
Institusi ini merupakan bagian dari Grup Bank Dunia dan bermarkas di Washington, D.C., Amerika Serikat. IBRD didirikan pada tahun 1944 dengan tujuan untuk mendanai pembangunan kembali negara-negara Eropa yang hancur akibat Perang Dunia II.

Disebut juga World Bank atau Bank Dunia. IBRD adalah Badan Internasional untuk Pembangunan dan Kemajuan. Didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dan berkedudukan di Washington DC.

Dari sejak berdirinya hingga sekarang telah berpuluhpuluh miliar dolar dipinjamkan kepada berbagai negara untuk membangun bermacam-macam proyek dengan syarat-syarat ringan (dalam hal bunga dan pembayaran kembali).

Tujuan IBRD (International Bank for Reconstruction and Development)

Di samping itu, bantuan teknik juga diberikan secara cuma-cuma. Jadi, tujuan pokoknya ialah: memberi bantuan kredit jangka panjang dan jangka pendek kepada negara-negara yang sedang membangun.

Atau menyalurkan dana dari negara kaya untuk pembangunan ekonomi negara-negara berkembang dan negara-negara miskin dengan tingkat bunga relatif rendah.

Sebagai anggota dan badan tersebut, Indonesia telah menerima kredit atau pinjaman dalam rangka pembiayaan usaha-usaha pembangunan di Indonesia. Untuk membangun perusahaan-perusahaan swasta di negara-negara anggota didirikan International Finance Cooperation (IFC) pada tahun 1956.

Badan ini berdiri sendiri dengan modal sendiri, tetapi berhubungan erat dengan World Bank. Tiap bantuan kredit yang diberikan kepada perusahaan swasta harus dijamin oleh pemerintah dari masing-masing negara tersebut.

Tugas IBRD (International Bank for Reconstruction and Development)

Tugas-tugas IBRD meliputi hal-hal berikut.
  1. Memberi bantuan untuk mengembangkan sifat multilateral investasi internasional.
  2. Memberi bantuan kredit dengan syarat lunak dan suku bunga yang ringan.
  3. Memberi bantuan untuk mempertahankan pinjaman internasional pada tingkat tinggi.
  4. Memberi bantuan untuk mengembangkan pertumbuhan perniagaan yang stabil.
  5. Memberi bantuan untuk perbaikan usaha dalam bidang pertanian, industri, jalan raya, dan perhubungan bagi negara-negara di dunia.
  6. Ikut serta dalam investasi swasta dengan cara menanamkan modal sendiri atau modal yang diperoleh dari hasil penjualan obligasi yang diterbitkan oleh IBRD.
  7. Memperbaiki dan membangun daerah-daerah yang mengalami kerusakan akibat perang.
  8. Membantu pembangunan ekonomi negaranegara anggota yang sedang berkembang dengan memberikan fasilitas dan investasi untuk tujuan produksi.

Baca juga: Badan-badan Khusus PBB

1 Response to "Pengertian, Tugas dan Tujuan IBRD atau World Bank (Bank Dunia)"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete