Pengertian dan Tujuan MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) serta Negara-negara Anggota MEE

Berikut pembahasan tentang MEE yang meliputi pengertian uni eropa, tujuan uni eropa, pengertian European Union, tujuan European Union, Tujuan pembentukan MEE, pengertian mee, pengertian masyarakat ekonomi eropa, tujuan mee, negara anggota mee, masyarakat ekonomi eropa.

Sejarah dan Pengertian MEE

Uni Eropa terbentuk pada tahun 1993 melalui Treaty of Maastricht. Kerja sama regional yang menyatukan Eropa ini bermula dari kerja sama antarnegara penghasil batu bara dan baja di Eropa pada tahun 1951.

Pada tahun 1967, kerja sama tadi berkembang menjadi Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) yang terdiri atas enam anggota. Hubungan ini berlanjut hingga tahun 1993, di mana dibentuk Pasar Tunggal Eropa atau European Single Market.

Sasaran akhir Pasar Tunggal Eropa yaitu tercapainya lalu lintas bebas barang, jasa, modal, dan tenaga kerja atau sering disebut “Empat Kebebasan Eropa”. Sasaran tersebut dicapai dengan menghapus tiga rangkaian hambatan, yaitu hambatan fisik, teknis, dan fiskal. Pasar Tunggal Eropa dimulai pada tanggal 1 Januari 1993.

Tujuan MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa)

Tujuan pembentukan MEE saat itu adalah untuk mendirikan daerah perdagangan bebas antarnegara Eropa. Tujuan lainnya adalah menghilangkan pembatasan perdagangan di antara negaranegara Eropa; serta meningkatkan produksi dan pemasaran barang.

Pasar Tunggal Eropa yang berjalan sukses ini segera diikuti dengan pembentukan Uni Eropa pada tahun yang sama, dengan 12 negara anggota. Pada tahun 2002, UE mengeluarkan mata uang tunggal Uni Eropa, yakni Euro yang digunakan bersama oleh negara-negara Uni Eropa.

Negara Anggota MEE

Saat ini jumlah anggota UE mencapai 27 negara, yakni Austria, Belgia, Bulgaria, Cyprus, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Polandia, Portugal, Malta, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Kerajaan Inggris.

Misi UE pun tidak hanya sebatas kerja sama ekonomi lagi, namun berkembang sebagai berikut ini.
  1. menjaga perdamaian, kesejahteraan dan stabilitas bagi warga negara anggota;
  2. pemersatu bagi negara-negara benua Eropa;
  3. memastikan keselamatan hidup warganya;
  4. menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan sosial;
  5. menghadapi tantangan globalisasi dan menjaga keberagaman masyarakat Eropa;
  6. menjaga nilai-nilai masyarakat Eropa semacam pembangunan terpadu, kepedulian lingkungan, HAM, dan masyarakat sosial ekonomi.

0 Response to "Pengertian dan Tujuan MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) serta Negara-negara Anggota MEE"

Post a Comment