Pengertian ASEAN, Tujuan dan Macam-macam Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi

Berikut adalah pembahasan tentang pengertian asean, tujuan asean, bentuk kerjasama asean, bentuk kerjasama ekonomi asean, tujuan dibentuknya asean, tujuan berdirinya asean, kerjasama asean di bidang ekonomi, kerjasama ekonomi asean, negara anggota asean, tujuan didirikannya asean, tokoh pendiri asean, negara pendiri asean, asean didirikan pada tanggal, definisi asean.

Pengertian ASEAN

ASEAN adalah perhimpunan bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Pada awalnya, anggota ASEAN terdiri dari lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.
Dalam perkembangan sejarahnya, ASEAN tidak hanya berkembang secara kualitatif, tetapi anggotanya juga bertambah. Pada tanggal 7 Januari 1984 Brunei Darussalam menggabungkan diri menjadi anggota ASEAN yang ke-6. Vietnam menjadi anggota ASEAN yang ke-7 pada bulan Juli 1995. Sedangkan Laos, Kamboja, dan Myanmar juga telah menjadi anggota ASEAN berikutnya.

Tujuan dan Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi

Tujuan ASEAN adalah menyelenggarakan kerja sama di bidang ekonomi, sosial, dan kebudayaan yang meliputi hal-hal berikut.
  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas keamanan di Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang sosial, ekonomi, kebudayaan, administrasi, dan IPTEK.
  4. Menyelenggarakan usaha-usaha yang efektif untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam industri pertanian.
  5. Mendirikan industri dan memperluas perdagangan, termasuk perdagangan internasional.
  6. Memelihara kerja sama dengan organisasi regional dan internasional lainnya.
  7. Menyediakan bantuan fasilitas untuk latihan dan penelitian bagi negara anggota ASEAN.
  8. Mengadakan pembahasan bersama mengenai permasalahan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara pada khususnya dan Asia pada umumnya.

0 Response to "Pengertian ASEAN, Tujuan dan Macam-macam Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi"

Post a Comment