Dampak Positif dan Negatif Kerjasama Ekonomi Internasional bagi Suatu Negara

Berikut ini adalah pembahasan tentang Dampak kerjasama internasional bagi Indonesia, dampak positif kerjasama internasionnal, dampak negatif kerjasama internasional, dampak negatif perdagangan internasional, dampak perdagangan internasional, dampak positif perdagangan internasional, dampak kerjasama ekonomi internasional, dampak positif kerjasama ekonomi internasional, dampak negatif kerjasama ekonomi internasional, dampak positif kerjasama internasional.

Dampak Kerjasama Ekonomi Internasional

Terbentuknya kerja sama internasional akan membawa dampak bagi negara-negara yang mengadakan kerja sama. Kerja sama internasional bisa berdampak positif, tetapi juga bisa berdampak negatif.

Dampak Positif Kerjasama Ekonomi Internasional

Dampak positif dari kerja sama antarnegara di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan efisiensi dan daya saing produk yang dihasilkan oleh negara antaranggota, karena meningkatnya skala ekonomi.
  2. Meningkatkan kualitas, pelayanan, dan harga bagi produk yang dihasilkan agar dapat bersaing dengan produk luar negeri.

Contoh Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional


Dapatkah kamu menyebutkan contoh-contoh konkretnya? Misalnya, negara kita termasuk produsen gula. Meskipun produksi gula dalam negeri cukup besar volumenya, sering tidak mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Berkat kerja sama dengan Thailand, Indonesia ikut mengimpor gula dari negara tersebut. Bisa terjadi bahwa gula Thailand memiliki kualitas yang setara dengan produk gula dalam negeri. Tetapi, karena dijual lebih murah, maka produk gula Indonesia kurang laku di pasar.

Ini menuntut peningkatan daya saing produk gula dalam negeri. Demikian pula contoh-contoh lainnya. Coba kamu sebutkan contoh-contoh lain yang kamu ketahui.

Dampak Negatif Kerjasma Ekonomi Internasional

Sementara itu, kerja sama internasional dalam bidang ekonomi pun sering menimbulkan dampak negatif. Apakah kamu pernah mendengar atau membaca berita di koran tentang adanya aksi demo atau penolakan warga tertentu atas kehadiran perusahaan multinasional di daerahnya?

Protes dan demonstrasi semacam ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa ada dampak negatif dari kerja sama internasional di bidang ekonomi.

Dampak negatif dari kerja sama antarnegara di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Urusan dalam negeri suatu negara mudah dicampuri oleh negara lain.
  2. Kerja sama ekonomi internasional sering kali dipolitisasi oleh negara-negara besar. Misalnya, bantuan militer di Indonesia pernah dipersulit oleh Amerika Serikat karena Indonesia dianggap melakukan pelanggaran HAM.
  3. Banyaknya barang-barang dari negara lain dan pasar bebas dapat menyebabkan matinya industri dalam negeri yang tidak sanggup bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing.
  4. Nilai mata uang suatu negara seringkali tidak stabil karena mengikuti mekanisme pasar.

Contoh Dampak Negatif Kerjasama Ekonomi Internasional


Coba pelajari Gambar di bawah ini!
Keadaan pertambangan emas di Freeport, Papua (Gambar 1). Sementara Gambar 2 dan Gambar 3 menunjukkan adanya protes warga terhadap kehadiran perusahaan milik Amerika Serikat tersebut. Ini menunjukkan adanya dampak yang kurang baik dari kerja sama internasional di biadng ekonomi.
Gambar: Keadaan pertambangan emas di Freeport, Papua (Gambar 1). Sementara Gambar 2 dan Gambar 3 menunjukkan adanya protes warga terhadap kehadiran perusahaan milik Amerika Serikat tersebut. Ini menunjukkan adanya dampak yang kurang baik dari kerja sama internasional di biadng ekonomi.

Apa yang bisa kamu katakan mengenai ketiga rangkaian gambar tersebut? Gambar pertama adalah keadaan di pertambangan Freeport (Papua). Pertambangan emas itu adalah wujud nyata dari kerja sama ekonomi Indonesia dengan Amerika Serikat.

Perhatikan bagaimana keadaan permukaan tanah. Ada perubahan, bukan? Di setiap pertambangan pasti mengalami perubahan permukaan tanah, dan itu memerlukan puluhan tahun untuk memperbaikinya.

Jelas, pertambangan menimbulkan masalah lingkungan hidup. Inilah sebabnya mengapa masyarakat memprotes pertambangan emas di Freeport (Papua). Itulah sebagian kecil dari dampak kerja sama internasional di bidang ekonomi.

Dampak kerja sama bagi Indonesia

Dampak kerja sama internasional bagi Indonesia, antara lain sebagai berikut.
  1. Memperkuat kedudukan dan kekuatan tawarmenawar Indonesia dalam dunia internasional.
  2. Meningkatnya kegiatan ekonomi dalam negeri karena banyak investor yang masuk dan menanamkan modalnya.
  3. Masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat Indonesia dapat belajar sesuatu yang baru dan dapat melakukan alih teknologi.
  4. Produk-produk dalam negeri yang berlebihan dapat diekspor ke luar negeri. Begitu juga barang-barang yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri bisa didatangkan dari luar negeri.
  5. Indonesia dapat berspesialisasi dalam menghasilkan barang-barang dan jasa yang sesuai dengan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal yang tersedia.
  6. Penanaman modal asing di Indonesia menyerap banyak tenaga kerja Indonesia.
  7. Dalam mendapatkan bahan baku, bahan penolong, peralatan, maupun tenaga ahli, Indonesia pun bisa mendatangkan dari luar negeri.

Baca juga: Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Kerjasama Ekonomi Internasional bagi Suatu Negara"

Post a Comment