Susunan Struktur Organisasi OKI (Organisasi Konferensi Islam)

Berikut adalah pembahasan yang masih terkait dengan pembahasan sebelumnya tentang OKI (Organisasi Konferensi Islam) yaitu susunan organisasi oki, struktur organisasi oki.

Struktur organisasi OKI

Struktur organisasi OKI terdiri dari: badanbadan utama; komite khusus; badan-badan subsider yang bergerak di bidang ekonomi dan sosial budaya; serta lembaga dan organisasi yang bersifat otonom.

a. Badan-badan utama

Badan-badan utama dalam Organisasi Konferensi Islam diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Konferensi para raja atau kepala negara/pemerintahan (KTT) yang memiliki otoritas tertinggi. Konferensi ini diadakan setiap tiga tahun sekali.
  2. Konferensi para menteri luar negeri (KTM) yang diadakan setahun sekali untuk membahas pelaksanaan kebijaksanaan organisasi yang telah ditetapkan sesuai dengan piagam. KTM luar biasa dapat diadakan atas permintaan satu atau beberapa negara atau Sekretaris Jenderal. KTM dapat meminta diadakannya konferensi tingkat tinggi.
  3. Sekretaris Jenderal merupakan badan eksekutif yang dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal dan dibantu oleh 4 orang asisten yang berkedudukan di Jeddah.
  4. Mahkamah Islam Internasional yang berkedudukan di Kuwait merupakan badan yudikatif yang bertugas menyelesaikan sengketa antaranggota secara damai.

b. Komite khusus OKI

Berikut ini merupakan komite-komite khusus dalam Organisasi Konferensi Islam.
  1. Komite Tetap Keuangan yang beranggotakan semua anggota OKI dan bertugas untuk melaksanakan pengawasan atas penggunaan anggaran Sekretariat Jenderal.
  2. Komite Al Quds Yerusalem yang dibentuk pada tahun 1975 ini beranggotakan 15 orang. Tugas komite ini adalah mengadakan pengkajian atas resolusi-resolusi yang diambil OKI dan organisasi internasional mengenai Yerusalem.
  3. Komite Ekonomi, Sosial Budaya yang beranggotakan semua negara anggota OKI ini bersidang dua kali dalam setahun di salah satu negara anggota OKI. Tugas komite ini adalah merumuskan dan melaksanakan kerja sama antar-negara anggota dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan resolusi OKI.

c. Badan-badan Subsider yang bergerak di bidang ekonomi dan sosial budaya

Berikut ini badan-badan subsider yang bergerak di bidang ekonomi dan sosial budaya.
  1. Badan Subsider di bidang ekonomi, misalnya Pusat Riset dan Latihan Sosial Ekonomi berkedudukan di Ankara; Pusat Riset dan Latihan Teknik berkedudukan di Dhaka; Kamar Dagang Islam berkedudukan di Casablanca; dan Dewan Penerbangan Islam berkedudukan di Tunisia.
  2. Badan Subsider di bidang sosial budaya, misalnya Dana Solidaritas Islam berkedudukan di Jeddah; Pusat Riset Sejarah dan Budaya Islam berkedudukan di Istanbul; Dana Ilmu, Teknologi, dan Pembangunan berkedudukan di Jeddah; Komisi Bulan Sabit Islam (Palang Merah) berkedudukan di Benghazi; dan Komisi Warisan Budaya Islam berkedudukan di Istanbul.

d. Lembaga dan Organisasi yang bersifat otonom

Lembaga-lembaga dan organisasi dalam OKI yang bersifat otonom di antaranya adalah Bank Pembangunan Islam berkedudukan di Jeddah; Kantor Berita Islam Internasional berkedudukan di Jeddah; dan Organisasi Penyiaran Negara Islam berkedudukan di Jeddah.

0 Response to "Susunan Struktur Organisasi OKI (Organisasi Konferensi Islam)"

Post a Comment