Peran Penting Indonesia dalam Kerjasama ASEAN

Berikut adalah pembahasan tentang peran indonesia sebagai anggota asean, peran indonesia di lingkungan asean, peran indonesia dalam asean, peranan indonesia terhadap asean, peran indonesia dalam lingkungan negara negara di asia tenggara, peran indonesia di asia tenggara.

Peran Indonesia dalam ASEAN

Sesuai tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 bahwa negara ikut serta berperan dalam melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dengan demikian Indonesia menyadari pentingnya hubungan kerja sama dengan negara yang lain di berbagai belahan bumi terlebih dengan negara tetangga.

Peran Indonesia daam kerja sama negara ASEAN sangat penting. Peran ini mencakup beberapa bidang yang sesuai denga asas dan tujuan ASEAN. Berikut ini akan disajikan beberapa peran penting indonesia dalam ASEAN.

1. Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Yang Menggagas Lahirnya ASEAN

Wakil Indonesia yang ikut dalam Deklarasi Bangkok adalah Menteri luar negeri yang bernama Adam Malitk. Pada waktu itu, atas nama Indonesia, Menteri Luar Negeri Adam Malik menjelaskan visi indonesia untuk membentuk ASEAN.

Kawasan Asia tenggara yang berdiri atas kaki sendiri, mampu mempertahankan diri sendiri terhadap pengaruh pengaruh negatif dari luar kawasan. Visi itu dapat terwujud jika ada kerja sama yang efektif antara negara negara di kawasan tersebut.

2. Meluncurkan Gagasan untuk Menghargai dan melindungi HAM

Dewasa ini HAM menjadi salah satu isu yang telah mendunia. maka Indonesia berusaha untuk mengajak dan mendorong negara negara ASEAN agar lebih menghormati hak asasi manusia dengan cara menaati segala aturan dan norma yang berlaku dalam negaranya

3. Meluncurkan Gagasan Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN

Gagasa pembentukan komunitas keamanan ASEAN ini dikemukakan oleh Menteri Luar Negri Hasa Wirayudha . Dalam gagasan tersebut Indonesia mengedepankan proses pembangunan politik di kawasan tersebut guna mengatasi perbedaan sistem politik yang terlalu mencolok diantara sesama negara ASEAN, tentang kejahatan transisional, terorisme, sparatisme, perampokan, dan sebagainya.

4. Meganjurkan kerja Sama Penukaran Barang dan jasa

Kerja sama Indonesia dalam bidang Ekonomi dengan negara negara ASEAN lainya sudah sejak lama dilakukan untuk memperkuat perdagangan dan mendatangkan kemakmuran.

Kerja sama dalam bidang ekonomi itu dapat berupa pertukaran barang dan jasa. Selain itu dalam bidang jasa transportasi darat dan laut kerja sama ini juga bisa terlihat dalam pengiriman tenaga kerja ke malaysia, singapura, dan negara negara tetangga lainya.

5. Menganjurkan Adanya Pementasan Kesenian atau Budaya Negara-Negara ASEAN.

Dalam bidang Sosial budaya, Indonesia dapat melakukan kerja sama dengan negara negara lain berupa pementasan kesenian antar negara-negara ASEAN. Banyak karya karya dari orang indonesia yang turut memperkaya khasanah budaya ASEAN.

6. Memberikan Sumbangan kepada Negara-negara Anggota ASEAN Lainnya

Sebagai salah satu negara anggota dan pendiri ASEAN, Indonesia memiliki peranan yang sangat penting di ASEAN. Sebagai anggota, Indonesia aktif dan terlibat dalam memberikan sumbangan kepada negara-negara ASEAN lainnya.

Wujud nyata dari bantuan tersebut antara lain sebagai berikut.
  1. Membawa permasalahan Kamboja ke forum PBB agar mendesak pasukan Vietnam keluar dari Kamboja.
  2. Melalui Jakarta Informal Meeting (JIM) Indonesia berusaha mempertemukan pihak-pihak yang sedang bertikai untuk menyelesaikan masalah secara damai.
  3. Sebagai pemilik SKSD Palapa, Indonesia mengijinkan para anggota ASEAN untuk menggu nakan satelit tersebut, sehingga komunikasi antaranggota ASEAN menjadi semakin lancar dan efektif.

0 Response to "Peran Penting Indonesia dalam Kerjasama ASEAN"

Post a Comment