Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli dan Syarat-syaratnya

Berikut adalah pembahasan tentang pengertian modernisasi, syarat syarat modernisasi, sebutkan syarat syarat modernisasi, contoh modernisasi, pengertian modernisasi menurut para ahli, contoh modernisasi dalam bidang politik.

Sekarang kita hidup di zaman modern. Pada zaman modern ini, setiap masyarakat tidak bisa mengelak dari proses modernisasi dan globalisasi.

Modernisasi dan globalisasi menyebabkan terjadinya berbagai perubahan sosial budaya hampir di setiap masyarakat yang ada di dunia ini. Dalam proses selanjutnya, perubahan-perubahan tersebut menimbulkan berbagai dampak dalam bidang sosial, budaya, politik, ekonomi, dan bidang-bidang lainnya.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Apa sebenarnya modernisasi itu?
Menurut Reinhard Bendix (1970) modernisasi adalah bentuk perubahan sosial yang berkembang dari revolusi industri di Inggris (1760-1830) dan revolusi politik di Perancis (1789-1794). 
Aspek yang paling menonjol dari modernisasi adalah perubahan teknik industri dari cara-cara tradisional ke cara-cara modern yang dihasilkan oleh revolusi industri.

Revolusi industri didukung oleh penemuan-penemuan baru seperti pengembangan mesin uap oleh James Watt (1769) dan lokomotif oleh George Stephenson (1825).
Wilbert E Moore yang menyebutkan modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri Negara barat yang stabil.
Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. 
Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa modernisasi adalah proses perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. 
Proses modernisasi terjadi di mana-mana; modernisasi terjadi baik di negara-negara maju maupun di negara-negara berkembang.

Modernisasi suatu bangsa dapat diukur dari sejauh mana suatu bangsa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat.

Perlu diingat bahwa tidak semua perubahan sosial merupakan wujud modernisasi. Sebab banyak perubahan yang terjadi tidak memiliki keterkaitan dengan modernisasi, seperti terjadinya perubahan atau perkembangan mode pakaian dan gaya rambut.

Syarat-syarat Modernisasi

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar modernisasi bisa berlangsung. Menurut Soerjono Soekanto syarat-syarat berikut harus ada demi terwujudnya modernisasi, yakni:
  1. Cara berpikir ilmiah yang sudah melembaga dan telah tertanam kuat di kalangan pemegang kekuasaan maupun di kalangan masyarakat luas. Hal ini menghendaki suatu sistem pendidikan dan pengajaran yang terencana dan baik.
  2. Sistem administrasi negara yang baik dan benar- benar mewujudkan birokrasi. Administrasi yang kacau ditambah sistem birokrasi yang tidak sehat akan menyulitkan pelaksanaan modernisasi.
  3. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu, seperti BPS (Badan Pusat Statistik). Data yang baik dan lengkap akan memudahkan penyusunan program. Agar tersedia data yang teratur dan akurat diperlukan penelitian yang kontinu. Melalui penelitian yang kontinu data-data yang tersedia tidak akan tertinggal dari perkembangan yang terjadi.
  4. Penciptaan suasana yang menyenangkan bagi masyarakat terhadap modernisasi, terutama lewat media massa. Hal ini dilakukan secara bertahap karena berhubungan erat dengan sistem kepercayaan masyarakat.
  5. Tingkat organisasi yang tinggi. Hal ini berarti menuntut disiplin yang tinggi. Konsekuensinya adalah pengurangan kebebasan/kemerdekaan. Tanpa organisasi yang baik, mustahil modernisasi dapat terlaksana.
  6. Sentralisasi wewenang dalam perencanaan sosial (social planning). Apabila hal itu tidak dilakukan, maka perencanaan akan terpengaruh oleh kekuatan-kekuatan dari kepentingan-kepentingan yang ingin mengubah perencanaan tersebut demi kepentingan suatu golongan kecil dalam masyarakat.

Coba perhatikan syarat-syarat di atas dan cocokkan dengan kehidupanmu sehari-hari. Apakah hidupmu dan keluargamu sudah dapat dikatakan sebagai modern? Mengapa demikian?

Jika belum, hambatan-hambatan apa saja yang membuat kamu belum mencapai tahap modern dalam hidupmu?Bagaimana dengan sekolahmu dan lingkungan tempat tinggalmu?

Mengapa orang melakukan modernisasi? 

Modernisasi dilakukan karena terdorong oleh keinginan- keinginan untuk hal-hal sebagai berikut.
  1. Hidup lebih praktis atau lebih nyaman. Salah satu tujuan pembangunan taman-taman, jalur hijau, jalan tol, pasar swalayan, jalan layang, dan sarana-sarana lainnya adalah supaya hidup lebih nyaman.
  2. Meningkatkan efisiensi kerja dan meningkatkan produksi. Hal ini misalnya dilakukan dengan mekanisasi pertanian, komputerisasi, pendidikan, dan pelatihan.
  3. Mendapat sesuatu yang lebih banyak, lebih bermutu, lebih bagus, lebih hemat tenaga, dan lebih baik. Misalnya, penggunaan alat-alat modern dalam bidang industri, kedok-teran, perbankan, dan berbagai pelayan umum lainnya.

0 Response to "Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli dan Syarat-syaratnya"

Post a Comment