Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pembahasan tentang globalisasi sebagai pelengkap pembahasan sebelumnya tentang modernisasi.

Pengertian globalisasi

Globalisasi berasal dari kata globe yang berarti “dunia”. Secara harafiah globalisasi bisa diartikan proses mendunia. Muncul beragam konsep ketika muncul kata globalisasi.

Ada beragam definisi globalisasi yang diberikan. Berikut ini beberapa di antaranya.
Globalisasi adalah proses di mana hubungan sosial dan saling ketergantungan antarnegara dan antarmanusia di dunia ini semakin besar.
Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain (A.G. McGrew, 1992).
Globalisasi adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan (Wikipedia Encyclopedia).
Globalisasi berarti meningkatnya ketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat (IMF, World Economic Outlook, Mei 1997).
Globalisasi mengacu pada proses-proses di mana perdagangan, informasi, dan budaya semakin bergerak melintas batas negara (www.ecojustice.org/lexicon.asp).
Sering orang memandang globalisasi hanya sebagai fenomena ekonomi. Dari definisi-definisi di atas, menjadi jelas bahwa globalisasi itu bersifat multidimensi. Pemahaman globalisasi melulu sebagai fenomena ekonomi tidak benar.
Globalisasi adalah fenomena yang bersama-sama mempengaruhi dan dipengaruhi oleh faktor politik, ekonomi, sosial, budaya, dan bidang-bidang kehidupan lainnya.
Memang benar bahwa faktor ekonomi merupakan bagian integral globalisasi dan paling mudah dideteksi gejala-gejalanya. Gejala-gejala globalisasi ekonomi antara lain munculnya kesepakatan perdagangan bebas dan munculnya begitu banyak perusahaan multinasional dan transnasional.

Perusahaan-perusahaan itu beroperasi melintasi batasbatas negara, mempengaruhi proses produksi global dan penyebaran tenaga kerja internasional. Namun demikian, globalisasi bukan hanya fenomena ekonomi.

Globalisasi merambah segala bidang kehidupan kita. Segala bidang kehidupan di tempat kita mempengaruhi dan dipengaruhi kehidupan di negara-negara lain.

Proses globalisasi mengarahkan kita kepada kenyataan bahwa kita semua hidup dalam satu dunia, sebuah desa dunia (global village). Dalam dunia ini, individu, kelompok, dan bangsa-bangsa semakin saling tergantung.

Baca juga: Syarat-syarat Modernisasi

0 Response to "Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli"

Post a Comment