Pengaruh dan Dampak Globalisasi di Bidang Politik

Berikut adalah pembahasan tentang Dampak globalisasi dalam bidang politik, dampak globalisasi di bidang politik, pengaruh globalisasi di bidang politik, dampak positif globalisasi di bidang politik, pengaruh globalisasi dalam bidang politik, dampak positif globalisasi dalam bidang politik.

Dampak Globalisasi di Bidang Politik

Dulu, negara mempunyai kekuatan yang cukup kuat untuk menentukan kebijakan-kebijakan dalam segala bidang kehidupan negara. Derasnya arus globalisasi dalam beberapa dekade terakhir telah mengubah semua itu.

Pada akhir abad ke-20, hanya 49% dari perekonomian terbesar di dunia adalah perekonomian negara, 51% sisanya dikuasai perusahaan- perusahaan multinasional. Aliran uang, barang-barang, jasa-jasa, bahkan budaya dikendalikan oleh perusahaan-perusahaan multinasional, bukan pemerintah.

Banyaknya organisasi internasional juga dapat melemahkan peran negara. Jika dahulu negara dapat berbuat ‘seenak hati’, dengan adanya berbagai organisasi internasional, negara menjadi bergantung pada hal.

Seorang ahli politik, Kenichi Ohmae melihat adanya empat sebab mengapa peran negara melemah, yakni“4i”, yakni investasi, informasi, individual dan industri. Keempat hal tadi berlangsung antar masyarakat lintas negara, dan tidak lagi dapat dibendung oleh negara.

Akibatnya, pemerintah/negara tidak mampu lagi mengontrol berbagai bidang kehidupan dalam batas-batas negara mereka. Contoh:
  1. Mata uang negara-negara di Eropa Barat kebanyakan telah digantikan dengan mata uang tunggal Euro di bawah naungan Uni Eropa, organisasi regional di Eropa.
  2. Seseorang bisa berhubungan dan bertransaksi dengan seseorang di negara lain tanpa menggunakan peran negara, misalnya via internet.

0 Response to "Pengaruh dan Dampak Globalisasi di Bidang Politik"

Post a Comment