Gagasan atau Pemikiran dan Cara Mengatasi Memudarnya Jati Diri Bangsa

Berikut ini adalah pembahasan tentang Upaya Mengatasi Memudarnya Jati Diri Bangsa, cara mengatasi memudarnya jati diri bangsa, gagasan untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa, gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.

Upaya Mengatasi Memudarnya Jati Diri Bangsa

Memudarnya jati diri bangsa tentu bukanlah hal yang kita harapkan. Sebagai warga negara Indonesia kita harus berupaya menangkal proses memudarnya jati diri bangsa. Kita tidak ingin eksistensi jati diri bangsa Indonesia hilang ditelan sejarah.

Upaya yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah memudarnya jati diri bangsa antara lain sebagai berikut.

1. Menumbuhkan rasa bangga akan hasil kebudayaan sendiri.

Banyak hasil budaya bangsa Indonesia yang terkenal di dunia internasional. Misalnya, Candi Borobudur. Nenek moyang bangsa kita bisa menciptakan hasil kebudayaan yang dikagumi oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Belum lama ini, kesenian wayang juga diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia. Banyak negara yang kagum dengan toleransi antarumat beragama yang dihayati di Indonesia.

Uraian di atas hanya beberapa contoh bahwa bangsa Indonesia memiliki kebudayaan yang patut dibanggakan. Kebanggaan akan budaya sendiri ini perlu ditumbuhkan dalam hati setiap warga. Bila sudah ada rasa kebanggaan atas budaya sendiri, akan muncul kesadaran untuk tetap melestarikan budaya tersebut.

Baca selengkapnya: Tantantang Global terhadap Eksistensi Jati Diri Bangsa

2. Sosialisasi macam-macam hasil kebudayaan.

Indonesia memiliki bermacam-macam hasil kebudayaan. Tiap daerah memiliki kebudayaan daerah. Hasil-hasil kebudayaan daerah tersebut harus disosialisasikan pada setiap warga ketika masih kecil. Dengan sosialiasi tersebut, warga tidak asing dengan kebudayaannya sendiri.

Dengan sosialisasi itu diharapkan proses pewarisan budaya terjadi. Proses pewarisan budaya merupakan jaminan tetap diteruskannya jati diri bangsa.

3. Mengembangkan ciri-ciri sosial bangsa Indonesia.

Setiap bangsa memiliki karakter tertentu. Bangsa Indonesia misalnya dikenal sebagai bangsa yang ramah, toleran, religius, sabar, demokratis, dan lain-lain. Sifat-sifat itu menjadi ciri bangsa Indonesia. Kita harus meneruskan karakter itu agar jati diri bangsa kita tidak hilang.

4. Menyeleksi nilai-nilai asing yang masuk ke Indonesia.

Dalam era globalisasi, unsur-unsur kebudayaan asing ditawarkan pada masyarakat Indonesia baik melalui kontak personal maupun nonpersonal.

Namun, tidak semua unsur kebudayaan tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang selama ini kita pegang. Oleh karena itu, kita harus selektif menerima masuknya unsur-unsur budaya asing itu.

Baca juga: Pengaruh Globalisasi terhadap Nasionalisme

0 Response to "Gagasan atau Pemikiran dan Cara Mengatasi Memudarnya Jati Diri Bangsa"

Post a Comment