Faktor-faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi

Berikut ini adalah pembahasan tentang penyebab terjadinya globalisasi, penyebab meningkatnya globalisasi, faktor penyebab globalisasi, penyebab globalisasi.

Faktor-faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi

Selain ada sejumlah faktor yang mendukung munculnya globalisasi, ada sejumlah faktor yang menyebabkan meningkatnya globalisasi. Sebab-sebab meningkatnya globalisasi antara lain perubahan politik dunia, aliran informasi yang cepat dan luas, dan berkembangnya perusahaan-perusahaan multinasional.

a. Perubahan politik dunia

Menurut Anthony Giddens, ada beberapa peristiwa politik yang menjadi kekuatan penggerak di balik meningkatnya globalisasi. Peristiwa-peristiwa tersebut adalah sebagai berikut.

  • Runtuhnya komunisme Uni Soviet.

Runtuhnya komunisme Uni Soviet dimulai dengan terjadinya serangkaian revolusi dramatis di Eropa timur pada tahun 1989. Puncaknya adalah bubarnya negara Uni Soviet pada tahun 1991.

Sejak jatuhnya komunisme Uni Soviet, nilai-nilai hidup dan hal-hal yang dulu dianggap tabu mulai masuk dan mempengaruhi kehidupan negara-negara komunis. Pada saat yang sama, Cina mulai membuka diri terhadap bisnis kapitalistis.

  • Munculnya mekanisme pemerintahan internasional dan regional.

Contoh bentuk pemerintahan internasional adalah PBB dan bentuk pemerintahan regional adalah Uni Eropa. Kedua bentuk organisasi itu menyatukan berbagai negara-bangsa ke dalam wadah politik bersama.

  • Munculnya berbagai organisasi antarpemerintahan dan organisasi nonpemerintahan internasional.

Organisasi antarpemerintahan (Intergovernmental Organization/IGOs) adalah sebuah badan yang dibangun oleh pemerintah-pemerintah negara anggotanya dan bertanggung jawab untuk mengatur atau mengawasi kegiatan tertentu yang lingkupnya internasional.

Organisasi nonpemerintahan internasional (International Non-Governmental Organization/INGOs) tidak bergabung dengan pemerintah. Contoh INGOs terkenal antara lain Greenpeace, World Wild Life Fund (WWF), The Global Enviroment Network, Medecins Sans Frontieres (Dokter Lintas Batas), dan Palang Merah Internasional.

b. Cepatnya penyebaran informasi

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi memperluas kontak antarindividu dan memudahkan orang mengakses informasi. Setiap hari media massa menyajikan beragam berita tentang peristiwa yang terjadi dari berbagai belahan bumi.

Berbagai peristiwa yang terpantau lewat media komunikasi mengakibatkan pergeseran pola pikir banyak orang, yaitu dari pola pikir yang dibatasi oleh batas-batas negara ke pola pikir global.

Penduduk bumi ini semakin sadar bahwa mereka saling tergantung dengan penduduk di belahan bumi lainnya. Penduduk bumi semakin merasa bahwa tanggung jawab sosial tidak berhenti pada batas-batas wilayah nasional.

Hal ini misalnya tampak dalam peristiwa banyaknya bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam yang datang dari berbagai negara serta kuatnya desakan agar dunia internasional turun tangan di wilayah-wilayah yang dilanda perang saudara dan terjadi pelanggaran hak asasi manusia.

c. Pesatnya perkembangan Perusahaanperusahaan transnasional

Perusahaan transnasional (Transnational Corporation/TNCs) adalah perusahaan yang memproduksi barang dan jasa di lebih dari satu negara. Contoh perusahaan transnasional adalah Coca Cola, General Motor, Colgate, Palmolive, dan Mitsubishi.

Perusahaan-perusahaan transnasional ini menjadi motor penggerak perekonomian global. Dua pertiga perdagangan global berasal dari perusahaan-perusahaan semacam ini.

Perusahaan-perusahaan yang mula-mula mengembangkan sayap ke negara lain berasal dari Amerika Serikat, kemudian diikuti perusahaan-perusahaan dari Jepang dan Eropa. Pada dekade 1980-an dan 1990-an perusahaan transnasional berkembang dengan pesat.

Perkembangan itu antara lain karena dibentuknya tiga pasar regional, yaitu Pasar Tunggal Eropa, Pasar Asia Pasifik, dan pasar Amerika Utara. Di pasar-pasar tersebut diterapkan pasar bebas. Sejak awal tahun 1990-an, negara-negara lain menghapus hambatan-hambatan investasi asing.

Coba perhatikan barang-barang yang kamu konsumsi sehari-hari, misalnya beras, sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, pakaian, makanan kecil, daging, dan sebagainya. Coba cek, apakah barangbarang tersebut diproduksi oleh perusahaan lokal atau perusahaan multinasional?

Tahukah kamu di mana letak perusahaan tersebut? Apakah perusahaan tersebut beroperasi dalam negeri atau di luar negeri? Apakah kamu merasa bangga dengan banyaknya perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia. Mengapa demikian?

0 Response to "Faktor-faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi"

Post a Comment