Faktor-faktor Pendukung dan Pendorong Terjadinya Globalisasi

Berikut adalah pembahasan tentang Faktor-faktor pendukung munculnya globalisasi, faktor pendorong globalisasi, faktor pendukung globalisasi, faktor penggerak globalisasi, faktor faktor pendorong globalisasi, faktor yang mempengaruhi globalisasi, faktor pendorong terjadinya globalisasi, faktor pendorong munculnya globalisasi, faktor faktor penggerak globalisasi.

Faktor-faktor Pendukung Munculnya Globalisasi

Ada dua faktor pokok yang bisa dipandang sebagai faktor pendukung munculnya globalisasi. Kedua faktor itu adalah berkembang pesatnya teknologi komunikasi dan adanya integrasi ekonomi dunia.

a. Berkembang pesatnya teknologi komunikasi

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi dan sarana komunikasi berkembang dengan pesat. Inovasi dan pengembangan alat dan jaringan komunikasi maju pesat dalam kurun waktu itu.

Salah satu alat komunikasi yang paling pesat perkembangannya adalah internet. Pada pertengahan tahun 1998 diperkirakan baru 140 juta orang menggunakan internet. Dalam waktu tiga tahun jumlah pengguna internet diperkirakan meningkat hampir lima kali lipat.

Pada tahun 2001 diperkirakan pengguna internet sudah mencapai lebih dari 700 juta orang. Sedangkan tahun 2007 ini, pengguna internet di seluruh dunia mencapai 6 milyar orang.
Perkembangan Pengguna Internet Dunia
Grafik: Perkembangan Pengguna Internet Dunia

Semakin banyaknya pengguna internet berarti samakin deras arus informasi bergerak dari belahan dunia yang satu ke belahan dunia yang lain. Internet membuat jarak semakin tidak berarti.

Dengan internet orang bisa mengakses bermacam-macam informasi, melakukan transaksi bisnis, mengirim dan menerima dokumen, serta berkomunikasi secara langsung dengan orang di tempat lain.

Selain internet, alat komunikasi yang juga berkembang dengan pesat adalah pesawat telepon, khususnya telepon genggam. Inovasi telepon genggam terjadi begitu cepat.

Selain itu, daerah yang bisa mengakses teknologi komunikasi ini semakin luas. Jaringan telepon seluler mencapai desa-desa terpencil.

Dengan penemuan dan pengembangan internet dan telepon, proses globalisasi semakin terpacu. Meningkatnya pengguna internet dan telepon genggam berarti makin banyak orang terhubungkan satu sama lain.

Selain itu, proses globalisasi juga didukung oleh semakin meningkatnya jumlah negara yang mengakses jaringan komunikasi internasional.

b. Integrasi ekonomi dunia

Proses globalisasi juga dipacu oleh sistem perekonomian dunia yang semakin terintegrasi. Sekarang ini, banyak aspek perekonomian yang bekerja melalui jaringan-jaringan yang melintasi batasbatas negara.

Kerja sama antarperusahaan dari negara yang berbeda dan bergabung dalam distribusi dunia sudah menjadi hal yang umum dewasa ini. Hal-hal itu dilakukan untuk bisa bersaing dalam melakukan bisnis di tengah pasar global yang berkembang begitu cepat.

0 Response to "Faktor-faktor Pendukung dan Pendorong Terjadinya Globalisasi"

Post a Comment