Peran Indonesia dalam PBB (Alasan Mengapa Indonesia Keluar dari PBB dan Indonesia Kembali Menjadi Anggota PBB Lagi)

Berikut adalah pembahasan tentang peran indonesia di pbb, peran indonesia menjadi anggota pbb, peran indonesia sebagai angggota pbb, indonesia menjadi anggota pbb, peran indonesia dalam pbb, alasan indonesia keluar dari pbb, indonesia kembali menjadi anggota pbb, indonesia keluar dari pbb, indonesia menjadi anggota pbb pada tanggal, mengapa indonesia keluar dari pbb, penyebab indonesia keluar dari pbb, peran indonesia dalam perdamaian dunia.

Peran Indonesia dalam PBB

Sejarah telah mencatat bahwa Indonesia masuk menjadi anggota PBB, keluar dari PBB, dan kembali lagi menjadi anggota PBB.

a. Indonesia menjadi anggota PBB

Pada Sidang Majelis Umum PBB (tanggal 28 September 1950), Indonesia diterima secara aklamasi sebagai anggota PBB dan menduduki urutan ke-60.

Peran PBB bagi Indonesia

Banyak keuntungan diperoleh Indonesia dengan menjadi anggota PBB, antara lain masalah penyelesaian Irian Barat, bantuan dalam menghadapi agresi Belanda, dan bantuan lain, melalui badan-badan PBB.

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Sebagai anggota PBB, Indonesia juga terlibat dalam berbagai kegiatan yang diadakan PBB dalam rangka menciptakan perdamaian dunia. Indonesia terlibat dalam pengiriman pasukan perdamaian Garuda I ke Timur Tengah.

Pada tanggal 8 November 1956, Indonesia menyatakan kesediaannya untuk turut menyumbangkan pasukan dalam UNEF (United Nations Emergency Forces). Kontingan Indonesia untuk UNEF yang diberi nama Pasukan Garuda diberangkatkan ke Timur Tengah pada Januari 1957.
Anggota kontingen pasukan perdamaian Garuda I dari Indonesia di Istana Merdeka setelah upacara pelepasan pada tanggal 31 Desember 1956.
Gambar: Anggota kontingen pasukan perdamaian Garuda I dari Indonesia di Istana Merdeka setelah upacara pelepasan pada tanggal 31 Desember 1956.

b. Indonesia keluar dari PBB

Pada tanggal 31 Desember 1964, Presiden Soekarno menyatakan ketidakpuasannya terhadap keberadaan PBB dan sekaligus memberikan ancaman untuk keluar dari PBB.

Alasan Indonesia Keluar dari PBB

Indonesia memprotes masuknya Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Saat itu Indonesia sedang bermusuhan dengan Malaysia.

Pada tanggal 7 Januari 1965, Malaysia diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Keputusan PBB ini membuat Indonesia menyatakan diri keluar dari PBB.

Pernyataan resmi pihak Indonesia keluar dari PBB disampaikan melalui Surat Menteri Luar Negeri, Dr. Subandrio. Di dalam surat tersebut ditegaskan bahwa Indonesia keluar dari PBB secara resmi pada tanggal 1 Januari 1965.

Akibat Indonesia Keluar dari PBB

Tindakan tersebut membawa konsekuensi yang tidak ringan bagi Indonesia. Akibat tindakan keluar dari PBB, antara lain: Indonesia semakin jauh dari percaturan politik internasional dan bantuan-bantuan PBB melalui badan-badan PBB yang sangat diperlukan Indonesia pada saat itu dibekukan.

c. Indonesia masuk lagi menjadi anggota PBB

Sejak tahun 1967, politik luar negeri bebas aktif telah diterapkan secara konkret, dalam menanggapi masalah-masalah internasional. Politik luar negeri dilakukan sesuai dengan maksud dan tujuan Pancasila dan UUD 1945.
Setelah meninggalkan PBB sejak 1 Januari 1965, Indonesia kembali aktif di PBB pada tanggal 28 September 1966. 
Keaktifan Indonesia dalam PBB secara nyata tampak dengan terpilihnya Menteri Luar Negeri Indonesia, Adam Malik, menjadi Ketua Majelis Umum PBB untuk masa sidang tahun 1974.

Baca juga: Latar Belakang Berdirinya PBB

0 Response to "Peran Indonesia dalam PBB (Alasan Mengapa Indonesia Keluar dari PBB dan Indonesia Kembali Menjadi Anggota PBB Lagi)"

Post a Comment