Pengertian Kerjasama Regional dan Bentuk-bentuk Kerjasama Regional di Kawasan Asia Tenggara

Berikut ini adalah pembahasan tentang bentuk-bentuk kerjasama regional di kawasan Asia Tenggara yang meliputi bentuk kerjasama regional di kawasan asia tenggara, kerjasama negara-negara asia tenggara, kerjasama antar negara asean, kerjasama asean dalam bidang ekonomi, kerjasama asean di bidang ekonomi, kerjasama regional, pengertian kerjasama regional.

Pengertian Kerja sama regional

Apakah yang dimaksud dengan kerjasama regional?
Kerja sama regional adalah kerja sama antara beberapa negara dalam satu wilayah atau kawasan yang memiliki tujuan sama. Kerja sama mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Bentuk-bentuk Kerjasama Regional di Asia Tenggara

Diantara bentuk kerjasama regional di kawasan Asia Tenggara adalah sebagai berikut;

a. ASEAN

Banyaknya kesamaan mendorong bangsabangsa di kawasan Asia Tenggara membentuk organisasi yang secara khusus melaksanakan kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan politik.

Organisasi tersebut adalah ASEAN (Association of South East Asian Nations). ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, melalui Declaration of Bangkok.

Baca selengkapnya: Tujuan didirikannya ASEAN dan Negara serta Tokoh Pendiri ASEAN

b. IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle)

Indonesia, Malaysia, dan Thailand sepakat menjalin kerja sama subregional bidang ekonomi dengan menciptakan “segitiga pertumbuhan”. Kerja sama tersebut dipelopori oleh Perdana Menteri Malaysia pada tahun 1993.

Daerah kerja sama mencakup daerah semenanjung Malaka (Thailand dan Malaysia) dengan wilayah bagian barat (Indonesia). Kerja sama tersebut dinamakan IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle).

Beberapa bentuk kerja sama itu meliputi beberapa kegiatan, seperti:

  1. peleburan aluminium;
  2. investasi jasa telekomunikasi; dan
  3. perdagangan; dan sebagainya.

IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle)
Gambar: Bentuk Kerjasama IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle)

c. BDIF-EAGA (Brunei Darussalam -Indonesia- Filipina East ASEAN Growth Area)

Kerja sama subregional antara Brunei Darrusalam, Indonesia, dan Filipina dengan menciptakan “segitiga pertumbuhan” untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Kerja sama yang dinamakan Brunei Darussalam -Indonesia-Filipina East ASEAN Growth Area (BDIF– EAGA) tersebut bertujuan meningkatkan investasi di negara masing-masing.

0 Response to "Pengertian Kerjasama Regional dan Bentuk-bentuk Kerjasama Regional di Kawasan Asia Tenggara"

Post a Comment