Pengertian dan Contoh Bentuk Kerjasama Bilateral di Kawasan Asia Tenggara

Berikut ini adalah pembahasan tentang bentuk kerjasama bilateral yang meliputi pengertian kerjasama bilateral, contoh bentuk kerjasama bilateral, contoh kerjasama bilateral, tujuan kerjasama bilateral, contoh hubungan bilateral.

Pengertian Kerjasama Bilateral

Tahukan anda, apa yang dimaksud dengan kerjasama bilateral?
Kerja sama bilateral adalah kerja sama antara dua negara, mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, ataupun budaya. Hubungan ini didasari kesamaan kepentingan dari dua negara bersangkutan.

Contoh Macam-macam Bentuk Kerjasama Bilateral di Asia Tenggara

Selain bergabung dalam ASEAN, setiap negara anggota ASEAN juga memiliki kerja sama bilateral. Perhatikan contoh berikut!

  1. Kerja sama diplomatik, pendidikan, kebudayaan dan perdagangan (ekspor-impor) antara Indonesia dengan negara anggota ASEAN. Misalnya antara Indonesia dengan Malaysia, Filipina dengan Singapura, dan lain-lain. Coba kalian pelajari kembali pembahasan sebelumnya!
  2. Kerja sama bilateral antara Malaysia dan Singapura yang berperan mendorong kemajuan masing-masing negara. Kedua negara ini terpisah oleh Selat Johor. Untuk memudahkan aksesibilitas dan komunikasi dibangun jembatan penghubung di Woodlands.
  3. Kerja sama bilateral untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan batas negara. Misalnya, Indonesia dan Malaysia mengusahakan batas laut di Selat Malaka, Indonesia dan Timor Timur di Pulau Timor, dan lain-lain.
  4. Kerja sama bilateral untuk mengusahakan keamanan dan perdamaian. Misalnya usaha penghentian penyelundupan di daerah perbatasan Indonesia Timur dan Malaysia.

Contoh Bentuk Kerjasama Bilateral Indonesia-Vietnam
Gambar: Contoh Bentuk Kerjasama Bilateral Indonesia-Vietnam

Demikian pembahasan tentang pengertian dan macam-macam bentuk kerjasama bilateral dan alasan yang membelakangi adanya kerjasama bilateral terutama di kawasan asia tenggara.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Bentuk Kerjasama Bilateral di Kawasan Asia Tenggara"

Post a Comment