Pengertian Benua dan Samudra serta Teori Pergeseran Benua (Toeri Lempeng Tektonik / Pangaea Theory)

Berikut ini adalah pembahasan tentang teori pergeseran benua yang meliputi teori pergeseran benua, Pangaea, pengertian Pangaea, benua Pangaea, teori pangaea, teori lempeng tektonik, pangaea theory, teori tektonik lempeng, map of pangaea, teori pembentukan bumi, teori terbentuknya bumi.

Pengertian Benua dan Samudra

Permukaan bumi yang amat luas, terdiri dari daratan dan perairan. Daratan di muka bumi berupa benua, pulau, dan kepulauan.Perairan meliputi sungai, danau, laut, dan samudra.
Benua adalah daratan yang sangat luas dan umumnya dikelilingi oleh daerah perairan yang luas. Samudra adalahperairan yang sangat luas.
Coba bukalah atlasmu dan perhatikan baik-baik wilayah permukaan bumi! Bagaimana perbandingan luas daratan dan perairan? Tahukah kamu bahwa luas daratan hanya 30% bagian muka bumi (±149 juta km2), sedangkan luas perairan mencapai 70% dari luas muka bumi?

Bagaimana benua dan samudra di muka bumi itu terbagi? Bagaimana karakteristik yang dimiliki oleh tiap benua dan samudra?

Teori Lempeng Tektonik

Di muka bumi dikenal enam buah benua. Apakah sejak zaman dahulu jumlah itu tetap?
Ternyata, ada sebuah teori yang mengatakan bahwa keenam benua itu pada mulanya adalah sebuah benua induk besar yang bernama Pangaea. Teori tersebut dinamakan teori lempeng tektonik.
Muka bumi merupakan lempeng yang dapat diumpamakan sebagai kulit telur. Akibat proses pergeseran bumi, benua induk itu secara bertahap terpecah-pecah menjadi beberapa benua serta kepulauan seperti yang ada saat ini.

Teori pergerakan benua tersebut diakui kebenarannya. Hal itu dibuktikan oleh penemuan jenis fosil yang sama di benua berbeda. Selain itu juga dibuktikan oleh berbagai kesamaan flora dan fauna.

Coba perhatikan gambar berikut!
Pengertian Benua dan Samudra serta Teori Pergeseran Benua (Toeri Lempeng Tektonik / Pangaea Theory)
Gambar: Terpecah-pecahnya benua Pangaea (Fosil hewan ditemukan di tempat berbeda yang membuktikan lempeng-lempeng tersebut pernah menyatu).

Tahukah kalian, bahwa pergerakan lempeng benua tersebut masih terus berlangsung hingga saat ini? Menurut penyelidikan para ahli, pecahanpecahan benua itu terus mengalami pergerakan.

Nantinya, pada tingkat yang lebih tinggi kalian akan mempelajarinya lebih dalam. Pergerakan benua masih terus berlangsung, namun berjalan sangat lambat.

Benua yang ada saat ini berjumlah enam, dan dinamai menurut kesamaan alam serta berbagai kesamaan lain. Keenam benua tersebut adalah Asia, Afrika, Amerika, Eropa, Australia, dan Antartika.

0 Response to "Pengertian Benua dan Samudra serta Teori Pergeseran Benua (Toeri Lempeng Tektonik / Pangaea Theory)"

Post a Comment