Letak Geografis dan Astronomis Timor Leste, Iklim, Bentang Alam, Bentuk Pemerintahan, Keadaan Ekonomi Sosial Budaya serta Luas dan Batas Wilayah Negara Timor Leste

Berikut ini adalah pembahasan tentang negara Timor Leste yang meliputi letak geografis Timor Leste, letak astronomis Timor Leste, batas negara Timor Leste, batas wilayah Timor Leste, bentang alam Timor Leste, iklim Timor Leste, keadaan sosial budaya Timor Leste, keadaan ekonomi Timor Leste, perekonomian Timor Leste, luas wilayah Timor Leste, bentuk pemerintahan Timor Leste, ibukota negara Timor Leste.

Negara Timor Leste

Negara Timor Leste terbentuk 30 Agustus 1999 melalui referendum. Secara resmi Timor Leste dinyatakan merdeka pada tanggal 20 Mei 2002, dengan nama resmi Republik Demokratik Timor Timur.

Wilayahnya adalah Timor Timur (East Timor) yang semula provinsi ke-27 Negara Kesatuan Republik Indonesia. Timor Leste sering juga disebut Timor Lorosa’e, artinya tanah matahari terbit.

Kepala negara Timor Leste adalah seorang presiden, sedangkan pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri. Ibu kota negara adalah Dili.

a. Letak dan luas

Luas Timor Leste ±15.007 km2. Wilayahnya berada di bagian timur Pulau Timor. Berikut ini, batas-batas geografis wilayah Timor Leste.

  1. Sebelah utara : Laut Banda dan Selat Wetar.
  2. Sebelah selatan : Laut Timor.
  3. Sebelah barat : Indonesia(NTT).
  4. Sebelah timur : Laut Arafuru.

Letak Geografis dan Astronomis Timor Leste, Iklim, Bentang Alam, Bentuk Pemerintahan, Keadaan Ekonomi Sosial Budaya serta Luas dan Batas Wilayah Negara Timor Leste
Gambar: Peta Timor Leste

b. Bentang alam

Wilayah Timor Leste berada di Pulau Timor, terbagi menjadi dua bagian yang terpisah. Bagian yang lebih luas, mencakup rupakan sebagian wilayah Pulau Timor.

Bagian yang lebih kecil membentuk kantong di wilayah WilayahWilayah Timor Leste sebagian besar berupa pegunungan, yang membentang di bagian tengah dan memanjang dari barat ke timur. Bagian utara dan selatan berupa dataran rendah pantai.

c. Iklim

Sebagian besar wilayah negara ini mengalami iklim tropis dengan curah hujan yang kecil. Akibatnya, di wilayah Timor Leste juga banyak dijumpai sabana karena wilayahnya relatif kering.

d. Sosial budaya

Pada tahun 2008, jumlah penduduk Timor Leste mencapai 1.108.777 jiwa, dengan angka pertumbuhan cukup tinggi, yaitu 3,36%. Penduduk Timor Leste terdiri dari suku-suku seperti Timor, Belu, Galo, Nombi, Sabu, Rote, dan Telun.

Agama utama adalah Katolik Roma. Bahasa resmi adalah Portugis, sedangkan bahasa seharihari adalah Indonesia dan Spanyol.

e. Perekonomian

Sebagai negara baru, Timor Leste relatif sedang merintis berbagai bidang perekonomian, dari
pertanian hingga pertambangan. Hasil pertanian utama Timor Leste adalah kopi, jagung dan kentang.

Hasil tambangnya meliputi emas, perak, dan marmer. Timor Leste juga memiliki potensi minyak bumi di Celah Timor (Timor Gap). Namun, eksploitasi belum dapat dilakukan secara mandiri, karena masih terbatasnya sarana dan prasarana. Eksploitasi dilakukan oleh Australia dengan pembagian hasil.

f. Hubungan dengan Indonesia

Saat ini hubungan kedua negara telah menjadi lebih baik, dibandingkan dengan masa-masa sesudah referendum.

Kerja sama terutama ditekankan dalam menjaga perdamaian, terutama di wilayah perbatasan. Timor Leste dengan Indonesia juga melakukan kerja sama bidang ekonomi, melalui kegiatan ekpor impor.

Meskipun telah terpisah dari NKRI, Timor Timur masih membutuhkan pasokan berbagai barang kebutuhan,terutama bahan-bahan pokok dan minyak bumi. Kegiatan perdagangan antara kedua negara ini terutama melalui Nusa Tenggara Timur.

0 Response to "Letak Geografis dan Astronomis Timor Leste, Iklim, Bentang Alam, Bentuk Pemerintahan, Keadaan Ekonomi Sosial Budaya serta Luas dan Batas Wilayah Negara Timor Leste"

Post a Comment