Karakteristik Benua Asia (Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia, Batas-batas Benua Asia, Luas Benua Asia, Bentang Alam dan Iklim Benua Asia)

Berikut ini adalah pembahasan tentang karakteristik benua asia yang meliputi karakteristik benua asia, bentang alam benua asia, letak benua asia, luas benua asia, iklim benua asia, perekonomian benua asia, sosial budaya benua asia, letak astronomis benua asia, letak geografis benua asia, batas batas benua asia.

Setiap benua memiliki karakteristik tersendiri, baik secara fisik, sosial, maupun budaya. Nah, pada bagian ini kalian akan mempelajari karakteristik keenam benua yang ada di muka bumi.

Karakteristik Benua Asia

Wilayah Benua Asia meliputi daratan luas bagian dari Eurasia tanpa Eropa. Asia adalah benua terbesar, terkait dengan luas wilayah maupun jumlah penduduknya.

Wilayah Asia dibagi menjadi lima, yaitu Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Setiap wilayah memiliki karakteristik fisik yang berbeda.

a. Letak dan Luas Benua Asia

Asia merupakan benua terluas. Luasnya mencapai 33% dari seluruh daratan di muka bumi, yaitu 44.444.100 km2. Benua Asia berada di bagian timur bumi, dan hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi bagian utara (kecuali sebagian wilayah Indonesia).

Secara astronomis, Asia terletak antara 77o45’ LU – 1o15’ LS dan 26o04’BT – 169o40’ BB.

Berikut ini batas-batas geografis Asia.

  1. Sebelah utara : Samudra Arktik dan Selat Bering.
  2. Sebelah selatan : Samudra Hindia.
  3. Sebelah barat : Pegunungan Ural (batas dengan Eropa), Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Laut Tengah, dan Laut Merah.
  4. Sebelah timur : Samudra Pasifik.

Perhatikan gambar berikut!
Karakteristik Benua Asia (Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia, Batas-batas Benua Asia, Luas Benua Asia, Bentang Alam dan Iklim Benua Asia)
Gambar: Benua Asia

b. Bentang alam Benua Asia

Topografi wilayah Asia sangat beragam, meliputi jajaran pegunungan tinggi bercampur dengan dataran rendah, dataran tinggi, lembah, serta dataran aluvial.

Di bagian tengah Asia terdapat deretan pegunungan tertinggi di dunia (±4.000 m), meliputi Pegunungan Himalaya, Karakoram, dan Kun Lun, yang melingkupi dataran tinggi Tibet.

Oleh karena itu, Tibet dijuluki “atap dunia”. Di Pegunungan Himalaya yaitu di perbatasan Nepal dan Tibet dapat dijumpai Mount Everest (±8.848 m), merupakan titik tertinggi di Asia sekaligus di muka bumi.

Semakin ke timur dan tenggara relief Asia semakin melandai, di mana kemudian dapat dijumpai gurun luas, yaitu Gurun Gobi. Gurun tersebut membentang di wilayah China dan Mongolia.

Ke arah barat dapat dijumpai plato-plato. Di tepi barat Asia ini membujur Pegunungan Ural dari utara hingga selatan, menjadi batas alam wilayah benua Asia dan Eropa. Beberapa pegunungan lain adalah Hindu Kush, Tian Shan, Pamirs, Altai, Zagros, Da Hinggan, Sulaiman, Arakan Yoma, dan Kaukasus.

Dataran rendah di Asia berada di sekitar aliran sungai-sungai besar. Sungai-sungai penting di Asia antara lain Sungai Yangtze, Tigris dan Eufrat, Ganga, Huang Ho, Irawadi, dan Mekong. Di muaramuara sungai banyak terbentuk delta sungai yang umumnya subur. Misalnya Delta Sungai Ganga.

Cekungan yang terkenal adalah Laut Kaspia, Danau Aral, Danau Baikal dan Danau Balkash. Titik terendahnya ada di Laut Mati (±395 m di bawah permukaan laut), di kawasan Israel-Yordania. Coba buka atlasmu dan carilah tempat-tempat tersebut dalam peta!

c. Iklim Benua Asia

Luasnya wilayah Asia, menimbulkan karakter iklim yang cukup bervariasi. Variasi iklim juga dipengaruhi faktor lain, seperti topografi yang beragam serta posisi daratan terhadap laut.

Dilihat dari ciri-ciri iklimnya, wilayah Asia dapat dikelompokkan menjadi Asia bermusim, kering, dingin, dan Asia tinggi. Ikutilah uraian berikut dan lihat gambar berikut!

1. Asia bermusim (iklim tropis, subtropis, dan musim)

Asia bermusim terdiri dari kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Iklim di wilayah ini dipengaruhi oleh luasnya lautan, deretan pegunungan, dan sistem angin musim. Wilayah ini memiliki curah hujan cukup tinggi.

Temperatur tahunan di ekuator mencapai ±20oC, sedangkan curah hujan ±2.030 mm per tahun. Di daerah lintang utara, temperatur tahunan pada musim panas mencapai ±27oC dan pada musim dingin ±10oC. Curah hujan mencapai ±1.270 mm per tahun.

2. Asia kering (iklim gurun dan kontinental)

Asia kering, terdiri dari sebagian Asia Timur bagian barat, Asia Tengah (termasuk Rusia bagian Asia), dan Asia Barat. Curah hujan di wilayah ini bervariasi dari ±25 mm per tahun (di wilayah Gurun Gobi) sampai ±250 mm per tahun (di wilayah Asia Tengah).
Karakteristik Benua Asia (Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia, Batas-batas Benua Asia, Luas Benua Asia, Bentang Alam dan Iklim Benua Asia)
Gambar: Zona Iklim Benua Asia

3. Asia dingin (iklim arktik dan subarktik)

Ciri-ciri iklim arktik dan subarktik adalah musim dingin berlangsung panjang, sedangkan musim panas sangat singkat. Akibatnya di wilayah tersebut banyak dijumpai vegetasi tundra.

Asia dingin dengan ciri iklim tersebut meliputi sebagian besar wilayah Rusia di Asia bagian utara. Iklim di wilayah ini dipengaruhi oleh udara kutub.

4. Asia tinggi (iklim pegunungan)

Asia tinggi, meliputi wilayah Asia yang berada di dataran tinggi (Tibet dan sebagian Mongolia). Iklim di wilayah ini adalah iklim pegunungan.

d. Keadaan Sosial budaya Benua Asia

Jumlah penduduk Asia pada pertengahan 2007 mencapai 4 milyar jiwa lebih. Asia adalah benua dengan penduduk terpadat, lebih dari 60% populasi dunia berada di Asia. Negara dengan populasi tertinggi adalah Cina.

Asia memiliki banyak ragam etnis dan sebagian besar tergolong ras Mongoloid (Cina, Jepang, Mongol, Tibet, dan lain-lain). Etnis terbanyak adalah Cina dan Jepang. Etnis lain adalah Melayu (Asia Tenggara), Dravida (Asia Selatan), dan kulit putih (Asia Barat). Lebih dari 60% penduduk dunia tinggal di wilayah Asia.
Karakteristik Benua Asia (Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia, Batas-batas Benua Asia, Luas Benua Asia, Bentang Alam dan Iklim Benua Asia)
Gambar: Ragam bangsa yang tinggal di Benua Asia: a) Pria Yordania berbangsa Arab, b) Anak Turki, c) Wanita Jepang dari ras Sino-Mongoloid, d) Wanita Nomadic, e) Wanita Indonesia, dan f) Pria Nepal di Himalaya.

Agama utama di Asia adalah Hindu, Islam, dan Buddha. Hindu terutama dianut oleh masyarakat India. Islam adalah agama utama masyarakat Asia Tenggara dan Barat. Buddha banyak dianut oleh masyarakat Myanmar, Thailand, Sri Lanka, Laos, Kamboja, dan Cina. Beberapa agama lain adalah Shinto (Jepang), Katolik Roma (Filipina), dan Protestan.

Bahasa yang dipergunakan di Asia, antara lain bahasa China, Hindi, Arab, Rusia, Melayu, dan beberapa bahasa lain. Beberapa bahasa di Asia dipengaruhi bahasa asing akibat pendudukan bangsa asing, seperti Inggris, Spanyol, dan Portugal.

e. Perekonomian Benua Asia

Sebagian besar negara di wilayah Asia masih tergolong negara berkembang. Perekonomian Asia didominasi oleh kegiatan pertanian, kecuali Israel.

Hasil pertanian/perkebunan utama di Asia, antara lain padi, kelapa sawit, karet, kopi,teh, rempahrempah, sayuran, dan buah-buahan.

Pertambangan di wilayah Asia sangat potensial. Hasil tambang utama, antara lain minyak dan gas bumi, timah, dan batu bara. Pertambangan minyak bumi terutama dihasilkan di wilayah Timur tengah, Indonesia, dan Brunei Darusallam.

Walau belum merata, industri di Asia telah berkembang pesat. Beberapa negara perintis industri yang berhasil adalah Cina, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura, yang dijuluki negara industri baru.

0 Response to "Karakteristik Benua Asia (Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia, Batas-batas Benua Asia, Luas Benua Asia, Bentang Alam dan Iklim Benua Asia)"

Post a Comment