Bagaimana Cara Membaca Bagian-Bagian Benua Dan Samudra Dalam Peta Atau Globe?

Tentu kalian ingat bahwa peta dan globe adalah salah satu alat bantu geografi untuk mempelajari bumi. Sangat banyak informasi tentang benua dan samudra yang dapat diperoleh dari kedua alat tersebut. Misalnya, mengetahui posisi suatu tempat di muka bumi satu terhadap yang lain.

Perhatikan gambar di bawah ini! Seluruh benua dan samudra tergambar pada peta dunia tersebut, bukan? Ada Benua Australia, Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika.

Di bagian terbawah, kalian dapat menemukan Benua Antartika. Lalu, ada Samudra Arktik, dan Samudra Atlantik. Juga, Samudra Pasifik, dan Samudra Hindia.
Bagaimana Cara Membaca Bagian-Bagian Benua Dan Samudra Dalam Peta Atau Globe?
Gambar: Peta Dunia

Bagaimana cara membaca bagian-bagian benua dan samudra dalam peta atau globe? 

Ambil atlas dan bukalah bagian peta dunia atau perhatikan peta pada gambar di bwah ini! Carilah garis ekuator/khatulistiwa (0) sebagai pedoman! Perhatikan bahwa keenam benua, terletak di belahan bumi utara dan selatan.

Dari peta terlihat bahwa sebagian besar daratan atau benua berada di belahan bumi utara. Kemudian carilah bujur 0 sebagai pedoman! Jika dilihat dari belahan bujur bumi, sebagian besar bagian benua berada di belahan bumi bagian barat, bukan?

Melalui peta, kalian juga dapat melihat bahwa beberapa benua terpisah oleh samudra luas. Namun sebagian di antaranya sebenarnya merupakan satu kesatuan.

Perhatikan uraian berikut!
  1. Jika diperhatikan, sebenarnya Asia dan Eropa merupakan satu benua yang tidak terpisahkan oleh lautan. Itu sebabnya digunakan istilah Eurasia untuk menyebut keseluruhan daratan Eropa dan Asia. Namun, sejak zaman dahulu, kehidupan dan kebudayaan penduduk Asia dan Eropa sangat berbeda. Hal tersebut menjadi alasan mengapa Eropa dan Asia dibahas sebagai dua benua yang berbeda.
  2. Sebelum dibangun Terusan Suez (di kawasan Teluk Suez), sebenarnya Afrika juga bersambung dengan Benua Asia.

Bagaimana halnya dengan bentuk-bentuk benua dan pulau lainnya? Dengan terlebih dahulu memperhatikan gambar di atas dan gambar di bawah ini coba berikan pendapat kalian!
Bagaimana Cara Membaca Bagian-Bagian Benua Dan Samudra Dalam Peta Atau Globe?
Gambar: Globe Dunia

Perhatikan kembali gambar di atas! Carilah posisi samudra yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya! Sambil menelusuri peta, sebut kembali berbagai nama samudra itu dan bandingkan!

Samudra mana yang paling luas? Jika ingin mengamati posisi benua dan samudra dalam peta, kalian dapat berpedoman pada garis khatulistiwa (0), garis bujur (0), serta garisgaris lintang dan bujur lain.

Dalam sebuah peta permukaan bumi tidak dapat ditampilkan secara menyeluruh. Namun, dengan bantuan garis lintang dan bujur kalian tetap dapat mengetahui posisi sebuah negara, benua, dan samudra dalam sepotong peta.

Perhatikan contoh berikut!
  1. Benua Australia berada di belahan bumi selatan, di sebelah timur Samudra Hindia dan sebelah barat Samudra Pasifik bagian selatan.
  2. Sebagian besar wilayah Samudra Hindia berada di belahan bumi bagian selatan.
  3. Benua yang terdapat di belahan bumi bagian barat adalah Benua Amerika.
  4. Benua Antartika terdapat di belahan bumi selatan atau tepatnya di kutub selatan bumi.

Perhatikan baik-baik gambar di bawah ini! Kedua gambar tersebut menunjukkan pembagian bumi atas wilayah barat dan timur. Di wilayah mana bagian benua terbesar berada? Coba amati berulang-ulang hingga kalian memahaminya!
Bagaimana Cara Membaca Bagian-Bagian Benua Dan Samudra Dalam Peta Atau Globe?
Gambar: Belahan Bumi bagian Barat dan Timur

Apabila dengan bantuan atlas, kalian kurang dapat membayangkan seluruh permukaan bumi dengan baik, maka gunakanlah globe! Ingatlah, globe dapat memberi gambaranbentuk dan wilayah permukaan bumi dengan lebih nyata.

0 Response to "Bagaimana Cara Membaca Bagian-Bagian Benua Dan Samudra Dalam Peta Atau Globe?"

Post a Comment