Sumber daya alam dan perekonomian di Kawasan Asia Tenggara

Berikut ini adalah pembahasan tentang Sumber daya alam dan perekonomian Asia tenggara, Sumber daya alam dan perekonomian di asia tenggara, sumber daya alam di asia tenggara, perekonomian di asia tenggara, kehidupan ekonomi asia tenggara, sumber daya alam di kawasan asia tenggara, negara termiskin di asia tenggara, negara maju di asia tenggara, negara terkecil di asia tenggara, negara termaju di asia tenggara, negara berkembang di asia tenggara.

Sumber daya alam dan perekonomian

Sumber daya alam di wilayah Asia Tenggara sangat potensial terutama pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Potensi yang besar terutama dipengaruhi oleh beberapa hal berikut.

1. Banyak lembah sungai yang subur.

2. Banyak gunung api yang memberi dampak kesuburan tanah.

3. Iklim tropis dengan dua musim bergantian dan sinar matahari sepanjang tahun.

Hasil Pertanian dan Perkebunan Asia Tenggara

Hasil-hasil pertanian/perkebunan utama adalah padi (terutama Thailand), kelapa sawit, kopi, teh, tembakau, rempah-rempah, buah-buahan, dan sebagainya. Hasil-hasil hutan meliputi berbagai jenis kayu, damar, terpentin, dan lain-lain.

Hasil Tambang Asia Tenggara

Selain pertanian, sebagian besar wilayah Asia Tenggara kaya akan bahan tambang. Hasil tambang utama, antara lain minyak dan gas bumi, batu bara, perak, emas, timah, dan berbagai jenis logam lain.

1. Jalur timah utama ditemukan di sepanjang Semenanjung Malaysia dan sebagian lagi ada di wilayah Indonesia (Bangka Belitung). Malaysia menjadi salah satu produsen timah utama.

2. Endapan minyak banyak dijumpai di wilayah Indonesia dan Myanmar.

3. Gas alam paling banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Indonesia menjadi pengeskpor gas alam terbesar.

4. Batu bara banyak ditemukan di wilayah Vietnam dan Indonesia, .

5. Mineral besi banyak ditemukan di wilayah Vietnam, Malaysia, dan Filipina.
Sumber daya alam dan perekonomian di Kawasan Asia Tenggara
Gambar: Seorang penambang emas tradisional di kawasan Asia Tenggara (Indonesia).

Industri di Asia Tenggara

Selain pertanian dan pertambangan, beberapa negara Asia Tenggara juga mengembangkan kegiatan industri. Singapura adalah negara pelopor industri di Asia Tenggara.

Berbagai macam industri yang telah dirintis adalah industri logam, elektronika, makanan dan minuman, berbagai industri pengolahan minyak mentah, karet, dan lain-lain.

Negara dengan potensi pertanian umumnya mengembangkan agroindustri. Selain itu industri wisata menjadi pendukung yang tidak kalah penting.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa perekonomian sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara terutama masih didominasi ekspor bahan mentah industri (hasil-hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, dan pertambangan). 
Tujuan ekspor terutama adalah negara-negara industri (negara maju). Namun, Singapura dengan dukungan sarana transportasi dan kemajuan teknologi, telah mendukung peningkatan industri dan perdagangan di kawasan Asia Tenggara.

Demikian pembahasan tentang Sumber daya alam dan perekonomian Asia tenggara, Sumber daya alam dan perekonomian di asia tenggara, sumber daya alam di asia tenggara, perekonomian di asia tenggara, kehidupan ekonomi asia tenggara, sumber daya alam di kawasan asia tenggara, negara termiskin di asia tenggara, negara maju di asia tenggara, negara terkecil di asia tenggara, negara termaju di asia tenggara, negara berkembang di asia tenggara.

0 Response to "Sumber daya alam dan perekonomian di Kawasan Asia Tenggara"

Post a Comment