Relief atau Bentuk Muka Bumi di Dasar Laut

Berikut ini adalah pembahasan tentang bentuk-bentuk muka bumi yaitu bentuk muka bumi di dasar laut atau relief dasar laut yang meliputi Penampang melintang daratan, penampang melintang bentuk muka bumi daratan, penampang melintang bentuk muka bumi, penampang melintang bentuk muka bumi lautan, penampang melintang bentuk muka bumi dasar laut, bentuk muka bumi di dasar laut, bentuk bentuk muka bumi di daratan.

Relief atau Bentuk Muka Bumi di Dasar Laut

Peta dasar laut disebut batimetri. Di daratan, garis kontur menghubungkan tempat-tempat berketinggian sama, sedangkan kontur pada batimetri menghubungkan tempat-tempat dengan kedalaman sama di bawah permukaan air.

Pahamilah beberapa bentuk relief dasar laut berikut, sambil memperhatikan gambar di bawah untuk mendapatkan gambaran bentuknya!
Relief atau Bentuk Muka Bumi di Dasar Laut
Gambar: Gambaran perbedaan tinggi rendah (relief) dasar laut.

a. Paparan/selasar benua

Paparan benua (continental shelf) merupakan kelanjutan wilayah benua (kontinen). Kedalamannya £ 200 m. Contohnya Dangkalan Sunda antara Kalimantan, Jawa, dan Sumatera yang berkedalaman ± 40 – 45 meter. Daerah tebing paparan benua disebut tebing benua/kontinen.

b. Dataran abisal

Dataran abisal (bassin floor) adalah dasar laut yang luas setelah tebing benua, dan mengarah ke laut lepas. Dataran abisal merupakan bagian dari paparan benua.

c. Punggung laut (ridge/rise)

Punggung laut atau punggung bukit lautan, adalah bentukan di dasar laut yang mirip tanggul raksasa. Panjangnya bisa ribuan kilometer. Punggung laut dibatasi oleh laut dalam di kanan kirinya. Punggung laut yang berlereng curam disebut ridge, sedangkan yang berlereng landai disebut rise.

d. Gunung laut

Gunung laut adalah bagian yang berdiri sendiri, dan kakinya mulai dari dasar laut. Puncak gunung dapat muncul ke permukaan air. Contohnya Gunung Krakatau di Selat Sunda.

e. Lubuk laut/Basin

Lubuk laut atau basin/bekken adalah cekungan di dasar laut berbentuk bulat atau lonjong (oval). Basin terjadi akibat pemerosotan dasar laut.

f. Trench/ trog/ palung

Palung adalah dasar laut sangat dalam dan berdinding curam, yang semakin ke dasar semakin menyempit. Palung sempit dan tidak terlalu curam disebut trench, sedangkan jika lebih lebar dan curam disebut trog. Kedalaman palung bisa mencapai ± 7.000 – 11.000 meter.

g. Parit laut

Parit laut adalah bentukan dasar laut yang terjadi akibat masuknya satu lapisan/lempeng benua ke bawah lapisan/lempeng benua yang lain.

Jika suatu wilayah lautan diiris secara melintang (membuat penampang melintangnya), perbedaan ketinggian seluruh daratan di bawah permukaan air akan terlihat jelas.
Relief atau Bentuk Muka Bumi di Dasar Laut
Gambar: Penampang melintang (irisan) lautan

Untuk lebih jelas, Gambar tersebut di atas menunjukkan contoh irisan/penampang melintang Samudra Hindia, yaitu antara Pulau Madagaskar hingga Pulau Sumatera.

Pada penampang melintang tersebut terlihat jelas perbedaan kedalaman laut. Bagian terdalam ditemukan pada Palung Jawa (Java Trench) sebelum Pulau Sumatera.

0 Response to "Relief atau Bentuk Muka Bumi di Dasar Laut"

Post a Comment