Pola Persebaran Jenis Tanah di Indonesia, Flora dan Fauna

Berikut ini adalah pembahasan tentang Pola persebaran jenis tanah, Pola kehidupan flora fauna, persebaran jenis tanah di indonesia, penyebaran tanah di indonesia, berbagai jenis tanah di indonesia.

Pola kehidupan flora fauna

Perbedaan ketinggian menimbulkan pola iklim dan cuaca berbeda. Daerah rendah lebih panas dibandingkan daerah tinggi. Suhu semakin turun seiring dengan kenaikan tinggi suatu tempa dari permukaan laut.

Secara alami, kehidupan flora dipengaruhi oleh ketinggian tempat tersebut.

1. Di dataran rendah di wilayah pesisir pantai berawa- rawa, tumbuh tanaman bakau.

2. Di daerah pegunungan dapat dijumpai flora hutan alami, tanaman hutan produksi, tanaman perkebunan dataran tinggi (teh, buah-buahan, sayuran).

3. Di wilayah permukiman (baik di dataran rendah maupun tinggi) dapat ditemui tanaman budi daya manusia seperti tanaman pertanian/perkebunan.

Kehidupan fauna secara alami dipengaruhi oleh persebaran flora. Di hutan-hutan alami yang lebat masih dapat dijumpai hewan-hewan liar seperti harimau, babi hutan, dan gajah. Di dataran rendah seperti sabana ditemukan zebra, jerapah, dan lain-lain.
Pola Persebaran Jenis Tanah di Indonesia, Flora dan Fauna
Gambar: Flora

Pola persebaran jenis tanah

Di seluruh permukaan bumi terdapat ratusan jenis tanah. Persebaran setiap jenis tanah mencakup wilayah berbeda-beda. Masing-masing jenis tanah memiliki karakter dan kualitas berbeda. Sebagai contoh:

1. wilayah gunung berapi memiliki jenis tanah vulkanis yang subur;

2. wilayah pegunungan kapur memiliki tanah kapur yang tandus;

3. di daerah rawa banyak dijumpai tanah gambut yang memiliki kandungan asam tinggi, kurang unsur hara, dan tidak subur.

Setiap jenis tanah tersebut melalui suatu proses pembentukan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut, adalah jenis batuan induk, iklim, relief, aktivitas biologis maupun faktor manusia.

Di setiap permukaan bumi, semua faktor pengaruh tersebut memiliki kondisi berbeda-beda. Itulah sebabnya, terbentuk beratus-ratus jenis tanah di muka bumi. Setiap jenis tanah tersebar secara tidak merata.

0 Response to "Pola Persebaran Jenis Tanah di Indonesia, Flora dan Fauna"

Post a Comment