Pengertian Devisa (Valuta Asing) Terlengkap

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian devisa atau valuta asing yang disajikan secara lengkap. Apa itu devisa? Apa itu yang dimaksud dengan valuta asing?

Pengertian valuta asing

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang alat pembayaran dalam perdagangan internasional dan cara pembayaran perdagangan internasional.

Valuta asing atau foreign exchange (forex) disebut juga foreign current.
Valuta asing adalah mata uang asing atau alat pembayaran yang digunakan untuk melakukan pembayaran atau transaksi ekonomi internasional. 
Nama mata uang dan satuannya berbeda-beda dalam setiap negara. Hal ini disebabkan oleh keinginan negara bersangkutan. Akan tetapi ada juga negara-negara yang mata uangnya sama walaupun nilainya berbeda.

Misalnya, Amerika Serikat, Australia, Singapura, Hongkong, Brunei Darussalam, Kanada. Nama mata uang yang digunakan adalah dolar.

Setiap negara di dunia pada saat ini mayoritas membutuhkan mata uang asing untuk memenuhi segala kebutuhannya karena adanya keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh suatu negara.

Pada dasarnya mata uang asing itu tidak diperlukan dalam pembangunan suatu negara, apabila negara bersangkutan telah mampu menyediakan sarana dan prasarana pembangunan dari dalam negeri.

Apabila kita mengimpor barang atau menerima jasa dari luar negeri, kita tidak bisa membayar dengan mata uang Indonesia yaitu rupiah. Kita harus membayar dengan mata uang yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.
Gambar: Valuta Asing
Mata uang yang digunakan dalam pembayaran perdagangan internasional biasanya mata uang negara-negara yang perekonomiannya sudah kuat, misalnya Yen Jepang, Dollar Amerika, Poundsterling Inggris atau Euro negara Eropa.

Kita harus membayar dengan devisa. Sama halnya ekspor barang/jasa yang kita lakukan ke suatu negara, maka negara akan membayarnya dengan devisa kepada kita.
Jadi, dalam perdagangan internasional (ekspor/impor) digunakan alat pembayaran luar negeri yang disebut devisa.
Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran luar negeri dan dapat diterima di dunia internasional. Devisa disebut juga dengan valuta asing (VA).
Secara umum semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran luar negeri dan diterima di dunia internasional disebut devisa. Devisa terdiri dari: mata uang asing, emas, wesel asing, tagihan luar negeri.

0 Response to "Pengertian Devisa (Valuta Asing) Terlengkap"

Post a Comment