Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Dan Penawaran Valuta Asing

Ada enam faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran valuta asing. Keenam faktor itu ialah tingkat inflasi, tingkat suku bunga, tingkat pendapatan dan produksi, neraca pembayaran luar negeri, pengawasan pemerintah, dan perkiraan, rumor, dan isu spekulasi.


Faktor Yang Mempengaruhi Kurs Valuta Asing

Berikut ini adalah penjelasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran valuta asing;

1. Tingkat inflasi

Apabila suatu negara mengalami inflasi, maka bisa diidentifikasi bahwa harga barang mahal, maka untuk memenuhi kebutuhan akan barang/jasa negara tersebut akan melakukan kegiatan impor dari suatu negara. Kegiatan impor membutuhkan valuta asing.

2. Tingkat suku bunga

Apabila suatu negara memberlakukan sistem bunga yang tinggi, maka orang-orang yang biasa memainkan valuta asing akan berdatangan untuk menginvestasikan uangnya. Sehingga permintaan akan valuta asing akan menurun.

3. Tingkat pendapatan dan produksi

Semakin tinggi pendapatan yang diperoleh seseorang, maka akan semakin banyak kebutuhan akan barang/jasa yang diperlukan. Tidak semua barang/jasa tersebut dipenuhi dan diproduksi di dalam negeri melainkan harus di impor dahulu.

4. Neraca pembayaran luar negeri

Neraca pembayaran luar negeri mempengaruhi permintaan dan penawaran valuta asing.

5. Pengawasan Pemerintah

Pemerintah mempunyai kepentingan dalam pengaturan sirkulasi valuta asing, yakni sebagai berikut.

a. Kebijakan fiskal, yaitu kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk pengaturan tentang pajak seperti: bea impor dan bea ekspor.

b. Kebijakan moneter, yaitu kebijakan yang diambil oleh pemerintah di dalam keuangan (moneter) seperti: uang ketat, uang longgar, dan devaluasi.
Gambar: Sirkulasi Valuta Asing

6. Perkiraan, rumor, dan isu spekulasi

Disadari atau tidak berkembangnya rumor, atau isu yang dihembuskan oleh spekulan valuta asing akan mempengaruhi permintaan dan penawaran valuta asing di suatu negara.

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Dan Penawaran Valuta Asing"

Post a Comment