Definisi Atau Pengertian Iklim dan Klasifikasi (Pembagian) Iklim Berdasarkan Garis Lintang Dan Kondisi Fisik

Berikut ini adalah pembahasan tentang iklim, yang meliputi pengertian iklim, definisi iklim, macam macam iklim, jenis jenis iklim, pembagian iklim, klasifikasi iklim, pembagian iklim berdasarkan garis lintang, pembagian iklim berdasarkan kondisi fisik.

Setelah membaca peta secara teliti, melalui interpretasi/penafsiran, kalian dapat mengetahui pola dan bentuk objek geografi. Dari sebuah peta dapat dibuat interpretasi terhadap berbagai kenampakan fisik (bentang alam). Baik itu sebagai kenampakan fisik semata maupun sebagai objek yang berhubungan dengan kehidupan manusia.

Beberapa interpretasi misalnya pola iklim, pola aktivitas manusia, pola persebaran flora dan fauna, dan lain-lain.

Pengertian Iklim

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Studi tentang iklim dipelajari dalam klimatologi. Iklim di suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut. (Wikipedia)
Iklim dipengaruhi terutama oleh letak astronomis(lintang tempat) dan kondisi fisik dan keadaan alam wilayah, seperti relief daratan (ketinggian tempat), luas daratan, juga jarak/posisi daratan terhadap laut.

Klasifikasi atau Pembagian Iklim Berdasarkan Garis Lintang

Berdasarkan letak lintang suatu tempat yang terbaca pada peta, dapat diperkirakan iklim yang dimiliki. Pengelompokan iklim menurut lintang tempat disebutkan sebagai berikut.

1. Daerah antara 0o- 23,5LU/LS adalah wilayah beriklim tropis, mengalami 2 musim.

2. Daerah antara 23,5o- 40LU/LS adalah wilayah beriklim subtropis.

3. Daerah antara 40o- 65,5LU/LS adalah wilayah beriklim sedang yang mengalami 4 musim.

4. Daerah antara 66,5- 90LU/LS adalah wilayah beriklim dingin/kutub/arktik, mengalami dingin sepanjang tahun.
Definisi Atau Pengertian Iklim dan Klasifikasi (Pembagian) Iklim Berdasarkan Garis Lintang Dan Kondisi Fisik
Gambar: Pembagian Iklim berdasarkan Garis Lintang

Nah, jika pada peta terbaca letak lintang suatu tempat, maka dapat diperkirakan iklimnya. Misalnya suatu tempat berada daerah lintang 40– 45LU, tentu dapat diperkirakan bahwa daerah itu beriklim sedang.

Seperti disebut sebelumnya iklim tempat juga dipengaruhi faktor fisik lain. Artinya, selain pengaruh iklim akibat letak lintang, suatu daerah juga mengalami kondisi iklim akibat pengaruh fisik.

Klasifikasi atau Pembagian Iklim Berdasarkan Kondisi Fisik

Pembagian iklim menurut kondisi fisik adalah:

1. Iklim kontinental/benua, dialami oleh wilayah di daratan tengah benua jauh dari pengaruh lautan. Kondisi iklinya mempengaruhi adanya daerah gurun.

2. Ikim lautan, dialami oleh daerah yang dikelilingi oleh lautan. Cirinya penguapan tinggi sehingga curah hujan tinggi.

3. Iklim ugahari, dialami oleh wilayah dataran tinggi. Cirinya perbedaan suhu siang dan malam tinggi.

0 Response to "Definisi Atau Pengertian Iklim dan Klasifikasi (Pembagian) Iklim Berdasarkan Garis Lintang Dan Kondisi Fisik"

Post a Comment