Bentang Alam, Letak Geografis dan Letak Astronomis Asia Tenggara, Batas Wilayah serta Negara-negara di Asia Tenggara

Berikut ini adalah pembahasan tentang Asia tenggara yang meliputi Letak geografis asia tenggara, letak astronomis asia tenggara, batas wilayah asia tenggara, negara negara asia tenggara, karakteristik negara di asia tenggara, negara negara di kawasan asia tenggara, kekuatan militer asia tenggara, negara di kawasan asia tenggara, batas batas kawasan asia tenggara, bentang alam asia tenggara.

Kita berdiam di negara Indonesia. Indonesia ini terletak di kawasan Asia Tenggara. Kawasan Asia Tenggara ini berada di Benua Asia. Pada pembahasan ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai kawasan tempat negara kita berada.

Letak Geografis dan Astronomis AsiaTenggara

Asia Tenggara merupakan bagian dari Benua Asia (benua terluas di muka bumi), yaitu mencakup 30%-nya.
Secara astronomis Asia Tenggara terletak antara 21oLU – 11oLS dan 95oBT - 141oBT. 
Perhatikan gambar peta Asia Tenggara di bawah! Temukan batas-batas astronomis tersebut!

Perhatikan garis-garis Lintang Utara dan Selatan! Wilayah Asia Tenggara terletak di sekitar khatulistiwa dan seluruhnya berada dalam wilayah Bujur Timur.

Berikut adalah batas-batas wilayah secara geografis kawasan Asia Tenggara.

1. Sebelah utara : Daratan Cina dan India.

2. Sebelah timur : Samudra Pasifik.

3. Sebelah selatan : Samudra Hindia dan Benua Australia.

4. Sebelah barat : Samudra Hindia.
Bentang Alam, Letak Geografis dan Letak Astronomis Asia Tenggara, Batas Wilayah serta Negara-negara di Asia Tenggara
Gambar: Peta Wilayah Asia Tenggara

Bentang Alam Asia Tenggara

Dengan menggunakan peta yang sama, kalian juga dapat mempelajari karakteristik tiap negara di kawasan Asia Tenggara secara umum!

Sebagai contoh, kalian tentu dapat melihat dengan jelas bentuk-bentuk wilayah setiap negara. Misalnya, wilayah Indonesia dan Filipina berbentuk kepulauan dengan laut yang luas, sedangkan Malaysia terletak di semenanjung.

Bentuk wilayah juga dapat mencerminkan potensi negara bersangkutan. Misalnya, Indonesia dan Filipina dapat diperkirakan memiliki potensi kelautan.

Bagaimana kenampakan permukaan bumi di wilayah Asia Tenggara? Bagaimana variasi warna untuk daratan dan lautan dalam peta Asia Tenggara? Ingatlah, dalam peta daratan diwakili oleh warna kuning hingga cokelat tua. Kalian akan melihat bahwa di Indonesia banyak dijumpai rangkaian pegunungan.

Temukan juga berbagai informasi tentang bentang alam wilayah Asia Tenggara! Bagaimana variasi ketinggian daratan di berbagai wilayah? Bagaimana variasi kedalaman laut? Di manakah posisi pelabuhan laut, bandar udara, ibu kota negara, berbagai tempat penting, dan persebaran objek geografinya?

Sebelas negara di kawasan Asia Tenggara memiliki banyak kesamaan, baik unsur fisik maupun sosial. Kesamaan secara fisik antara lain letak astronomis, posisi geologis, serta keadaan geomorfologi. Kesamaan bidang sosial antara lain adalah kondisi kependudukan dan budaya masyarakat.

Bentang alam

Luas wilayah Asia Tenggara ± 4,5 juta km2, terdiri atas pulau-pulau dan bagian daratan Benua Asia. 
Asia Tenggara merupakan wilayah pertemuan gugusan Pegunungan Muda Mediterania dan Sirkum Pasifik. Kedua gugusan pegunungan itu bertemu di wilayah Indonesia bagian Timur, tepatnya di Laut Banda (Maluku).

Pegunungan muda merupakan pegunungan yang masih dinamis. Oleh karena itu di kawasan Pegunungan Muda Mediterania dan Sirkum Pasifik terdapat banyak gunung api aktif, khususnya di Indonesia dan Filipina.

Selain gugusan pegunungan, di wilayah Asia Tenggara juga terdapat dataran rendah. Misalnya lembah-lembah sungai, pesisir semenanjung, dan sebagainya. Wilayah tersebut umumnya subur.

Di dataran rendah banyak dijumpai aliran sungai- sungai besar. Contohnya, Sungai Mekong. Sungai dengan panjang ± 4.000 Km yang berhulu di wilayah China ini, melintasi beberapa negara di Asia Tenggara, yaitu Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Sungai-sungai besar lain terdapat di wilayah Indonesia, seperti Kalimantan dan Sumatera.

Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara

Negara mana yang termasuk dalam kawasan Asia Tenggara? Perhatikan gambar di atas, dari arah utara ke selatan!
Negara-negara yang termasuk dalam kawasan Asia Tenggara adalah Myanmar, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Filipina, Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, dan Indonesia serta Timor Leste. 
Timor Leste adalah negara baru yang juga termasuk dalam kawasan Asia Tenggara. Perhatikan tabel berikut yang berisi daftar negara di Asia Tenggara dan ibu kotanya, berikut ini!
Bentang Alam, Letak Geografis dan Letak Astronomis Asia Tenggara, Batas Wilayah serta Negara-negara di Asia Tenggara
Tabel: Daftar Negara di Kawasan Asia Tenggara

Demikian pembahasan tentang Asia tenggara yang meliputi Letak geografis asia tenggara, letak astronomis asia tenggara, batas wilayah asia tenggara, negara negara asia tenggara, karakteristik negara di asia tenggara, negara negara di kawasan asia tenggara, kekuatan militer asia tenggara, negara di kawasan asia tenggara, batas batas kawasan asia tenggara, bentang alam asia tenggara.

0 Response to "Bentang Alam, Letak Geografis dan Letak Astronomis Asia Tenggara, Batas Wilayah serta Negara-negara di Asia Tenggara"

Post a Comment