Pengertian Perdagangan Internasional Dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Beserta Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian perdagangan internasional, makalah perdagangan internasional, perdagangan luar negeri, faktor pendorong perdagangan internasional, contoh perdagangan internasional.


Pada pelajaran sebelumnya kita sudah belajar tentang pasar, uang, dan lembaga keuangan. Pada pembahasan ini, kita akan mempelajari bentuk perdagangan yang lebih luas, yaitu perdagangan internasional atau perdagangan antarnegara.

Untuk membahasnya kita akan membaginya dalam tiga bagian. Pertama, kita akan mempelajari pengertian perdagangan internasional. Kedua, kita akan mempelajari alat pembayaran yang digunakan dalam perdagangan internasional. Ketiga, kita akan mempelajari dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia.

Pengertian perdagangan internasional

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan hidup manusia semakin meningkat baik jenis, kualitas maupun kuantitas serta bentuknya.

Masalah ekonomi muncul karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa barang atau jasa sangat terbatas.

Untuk mengatasi masalah hidup itu, berbagai usaha dilakukan manusia, di antaranya dengan memproduksi barang atau jasa untuk meningkatkan daya guna barang atau jasa tersebut.

Selain itu, manusia satu dengan yang lainnya mengadakan hubungan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masing-masing. Hubungan ini dapat terbentuk antarindividu ataupun antarkelompok.

Hubungan antarkelompok bisa dilakukan antardesa, antarprovinsi atau lebih luas lagi antarnegara. Sekarang kita akan mempelajari perdagangan yang terjadi antarnegara atau perdagangan internasional.
Perdagangan Internasional

Banyak definisi dirumuskan untuk menjelaskan pengertian perdagangan internasional.
Secara umum, perdagangan internasional diartikan sebagai hubungan tukar-menukar barang atau jasa yang saling menguntungkan antara suatu negara dengan negara lainnya.
Perdagangan internasional lebih kompleks daripada perdagangan dalam negeri, karena perdagangan internasional melewati batas wilayah pabean dan wilayah negara. 
Sementara itu, setiap negara memiliki mata uang sendiri, sistem ekonomi sendiri, aturan bea cukai sendiri, sistem tata niaga, sistem ukuran atau timbangan, dan standar kualitas yang berbeda.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Mengapa manusia melakukan kegiatan ekonomi antarnegara?
Yang mendorong terjadinya perdagangan internasional adalah adanya kelebihan dan kekurangan produksi barang dan jasa di dalam negeri. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan penduduk suatu negara memproduksi barang dan jasa.
Produksi untuk komoditas tertentu mungkin berlebih, tetapi untuk komoditas lainnya mungkin kurang atau tidak ada sama sekali. Kelebihan produksi itu dijual atau diekspor ke negara lain.

Sementara itu, kekurangan komoditas tertentu didatangkan atau diimpor dari negara lain. Jadi perdagangan internasional timbul untuk menjual kelebihan produksi dan untuk mengimpor kekurangan produksi.

Contoh Perdagangan Internasioal

Perhatikan contoh hubungan dagang antara Indonesia dan Jepang berikut ini!

Indonesia kelebihan dalam produksi minyak, gas, rotan, karet. Kelebihan produksi itu diekspor atau dijual ke Jepang yang membutuhkan minyak, gas, rotan, dan karet.

Sementara itu, Indonesia memerlukan kendaraan bermotor dan alat-alat elektronik. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor kendaraan bermotor dari Jepang. Di sini terjadilah hubungan dagang antara Indonesia dan Jepang.

0 Response to "Pengertian Perdagangan Internasional Dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Beserta Contohnya"

Post a Comment