Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli Terlengkap

Berikut ini merupakan pembahasan tentang uang, yaitu tentang pengertian uang yang meliputi pengertian uang menurut para ahli atau definisi uang menurut para ahli.

Apa itu Uang?

Dewasa ini uang dalam wujudnya terdiri dari lembaran-lembaran kertas dan kepingankepingan logam yang dicetak dan dicap. Namun demikian, pengaruhnya amat besar dalam kehidupan manusia.

Hampir semua kegiatan ekonomi menggunakan uang. Upah dan gaji dibayarkan dengan uang. Jual beli barang dan jasa dihitung dengan uang. Simpanan dan nilai harta kekayaan pun dihitung dengan uang.

Setiap orang berusaha untuk memperoleh uang, sehingga mau memeras keringat atau bekerja keras siang malam. Bahkan karena keinginan untuk memiliki sejumlah uang, banyak orang melakukan kejahatan dan perampokan yang melanggar norma-norma agama dan hukum negara.

Uang mempunyai peranan yang demikian penting dalam kehidupan manusia. Dari dulu manusia telah mengenal uang. Dalam kehidupan ekonomi, uang merupakan alat yang paling digemari oleh setiap orang, baik orang tua, dewasa, orang muda, anak-anak, orang miskin, kaya maupun siapa saja.

Terutama dalam kehidupan ekonomi, uang sangat berperan. Dengan uang, orang dapat membeli berbagai macam kebutuhan untuk memuaskan kebutuhan hidupnya. Semakin besar jumlah uang yang
diperoleh, makin puaslah ia, sebab barang yang dibutuhkannya akan banyak terpenuhi.

Sistem keuangan modern dengan uang kertas, uang logam, cek, kartu kredit, dan lain-lain tidak tercipta dalam sekejap mata. Uang sebagai alat pembayaran yang sah tidak tercipta dalam waktu sekejap.

Diperlukan waktu berabad-abad sampai orang menemukan sistem keuangan seperti pada zaman modern ini. Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari seluk beluk uang. Apakah yang dimaksud dengan uang?

Bagaimana sejarah timbulnya uang? Apa saja syarat uang? Apa saja fungsi uang? Apa saja jenis-jenis uang? Apa yang dimaksud dengan nilai uang? Ap yang dimaksud dengan standar uang?

Faktor apa saja yang mempengaruhi nilai uang? Faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan akan uang? Faktor apa saja yang mempengaruhi peredaran uang di masyarakat? Pembahasan kali ini akan kita awali dengan mengetahui pengertian uang menurut para ahli.
Gambar: Uang Pecahan

Pengertian uang Menurut Para Ahli

Uang diciptakan dengan tujuan untuk melancarkan kegiatan tukar-menukar barang dan perdagangan. Oleh sebab itu, uang adalah suatu benda dengan satuan hitung tertentu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam berbagai transaksi dan berlaku di dalam wilayah tertentu.

Uang juga disebut sebagai alat penukaran yang sah. Demikian pentingnya fungsi uang, sehingga keberadaan uang di suatu negara diatur dengan undang-undang.

Di bawah ini disajikan beberapa pengertian uang yang dikutip dari pendapat beberapa ahli.

1. Albert Gailort Hart

Dalam bukunya yang berjudul Money Debt and Economic Activity, ia mendefinisikan uang adalah sebagai suatu kekayaan yang dimiliki untuk dapat melunasi utang dalam jumlah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula.

2. A. C. Pigou

Dalam bukunya yang berjudul The Veil of Money, ia mengatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat tukar.

3. H. Robertson

Dalam bukunya yang berjudul Money, ia mengatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang dan jasa.

4. R. S. Sayers

Dalam bukunya Modern Banking, ia menyebutkan uang adalah segala sesuatu yang umum diterima bagi pembayaran utang.

5. Rollin G. Thomas

Dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System, ia menyebutkan bahwa uang adalah segala sesuatu yang tersedia dan umumnya diterima umum sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa, serta untuk pelunasan utang.

6. Walker

Ia mendefinisikan uang dengan mengatakan: “Money is what money does”. Artinya, uang adalah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu. Dengan kata lain, uang adalah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain.

7. Menurut hukum

Menurut hukum, uang adalah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah.

Secara fungsional uang adalah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

Bila dilihat dari nilainya, uang adalah satuan hitung untuk menyatakan nilai.

8. Menurut Ensiklopedi Indonesia

Menurut ensiklopedi Indonesia, uang adalah segala sesuatu yang biasanya digunakan dan diterima secara umum sebagai alat penukar atau standar pengukur nilai, yaitu standar daya beli, standar uang, dan garansi menanggung utang.

0 Response to "Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment