Definisi atau Pengertian Pasar modal dan Perbedaannya dengan Pasar Uang

Berikut in merupakan pembahasan tentang salah sutu jenis lembaga keuangan bukan bank yaitu pasar modal, yang meliputi definisi pasar modal, pengertian pasar modal, pelaku pasar modal, lembaga penunjang pasar modal, undang-undang pasar modal, mekanisme pasar modal, contoh pasar modal.

Pengertian Pasar Modal

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. 

Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya, seperti: menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan, dan sebagainya. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung.

Pasar Modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya.

Berlangsungnya fungsi pasar modal (Bruce Lliyd, 1976), adalah meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang dengan "kriteria pasarnya" secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan. (Wikipedia)
Pasar modal adalah lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai kegiatan berupa penawaran dan perdagangan efek. 
Selain itu, pasar modal juga merupakan lembaga profesi yang berkaitan dengan transaksi jual beli efek dan perusahaan publik yang berkaitan dengan efek. Dengan demikian, pasar modal dikenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli modal/dana.
Gambar: Pasar Modal

Apa yang dimaksud dengan efek? 

Efek adalah surat berharga yang meliputi antara lain surat pengakuan utang, surat berharga komersial (commercial paper), saham, obligasi, tanda bukti hutang, right issue, dan waran (warant). 

Produk Pasar Modal

Produk-produk yang diperjualbelikan di pasar modal di antaranya ialah reksadana, saham, dan obligasi.

Perbedaan Pasar Modal dan Pasar Uang

Pasar modal berbeda dengan pasar uang. Perbedaannya terletak pada jangka waktu atau jatuh tempo produknya.

Pasar uang dikenal sebagai pasar yang menyediakan sarana peminjaman dana dalam jangka pendek (jatuh temponya kurang atau sama dengan satu tahun). Sementara itu, pasar modal mempunyai jangka waktu panjang atau lebih dari satu tahun.

Dalam hal fungsinya, pasar uang melakukan kegiatan mengalokasikan dana secara efektif dan efisien dari pihak yang mempunyai kelebihan dana kepada pihak yang kekurangan dana sehingga terjadi keseimbangan antara penawaran dan permintaan dana.

4 Responses to "Definisi atau Pengertian Pasar modal dan Perbedaannya dengan Pasar Uang"