Pengertian Inovasi, Discovery dan Invention beserta Contohnya dalam Perubahan Sosial

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu faktor internal penyebab terjandinya perubahan sosial budaya yaitu adanya penemuan baru (inovasi). Pembahasan ini meliputi pengertian discovery, pengertian invensi, pengertian invention, pengertian inovasi, pengertian inovation, contoh inovasi, contoh discovery, contoh invention dilengkapi dengan pengaruh-pengaruh penemuan baru bagi kehidupan sosial budaya.

Pengertian inovasi

Perubahan sosial budaya juga bisa dipicu adanya inovasi.
Inovasi adalah proses sosial budaya yang menerima unsur-unsur kebudayaan baru dan mengesampingkan cara-cara lama yang telah melembaga.

Macam-macam Jenis Inovasi

Inovasi meliputi penemuan-penemuan baru yang dibedakan menjadi penemuan (discovery) dan penciptaan (invention). Kedua hal ini berpengaruh besar bagi perubahan sosial kebudayaan.

1. Penemuan (discovery)

Discovery adalah penemuan sesuatu yang baru yang sebelumnya tidak ada. Penemuan itu biasanya tidak disengaja atau terjadi secara kebetulan.
Contohnya, penemuan kertas penghisap tinta. Kertas penghisap tinta ditemukan ketika seorang karyawan pabrik kertas lupa memasukkan ramuan tertentu ke dalam campuran bahan pembuat kertas.

Setelah kertas jadi, ternyata kertas tersebut dapat menghisap tinta. Sejak itu dengan sengaja dibuat kertas penghisap tinta seperti yang kita pakai sekarang.
Gambar: Ilustrasi Penemuan Baru

2. Penciptaan (invention)

Invention adalah usaha yang disengaja dan sungguh- sungguh untuk memperoleh hal-hal baru. Sebelum menciptakan sesuatu barang biasanya dilakukan uji coba berkali-kali sampai ditemukan unsur baru yang benar-benar bagus.
Unsur baru ini kemudian mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Invention tidak hanya terbatas pada penemuan teknologi baru, tetapi juga dalam bidang pemerintahan, hukum, pendidikan, hubungan keluarga, ekonomi, moral, dan sebagainya.

Perlu diingat, bahwa setiap penciptaan baru selalu berdasarkan pada hal-hal yang sudah ada atau penemuan sebelumnya. Kemajuan teknologi saat ini dikembangkan di atas dasar teknologi masa lalu. Pengetahuan yang kita miliki sekarang merupakan perkembangan dari pengetahuan-pengetahuan sebelumnya.

Penciptaan sesuatu yang baru bukan berarti telah tercipta sesuatu yang sama sekali baru, yang sebelumnya tidak ada.

Contohnya, penemuan pupuk sintesis didasari oleh pemakaian pupuk kandang sebelumnya. Begitu pula pemberantasan hama dan mekanisasi pertanian. Semua itu terjadi berdasarkan penemuan-penemuan sebelumnya.

Pengaruh Penemuan Baru terhadap Perubahan Sosial Budaya

Penemuan baru mengakibatkan berbagai macam pengaruh bagi kehidupan sosial budaya dalam masyarakat. Beberapa bentuk pengaruh akibat adanya penemuan baru tersebut di antaranya sebagai berikut.
  • Penemuan baru dalam bidang tertentu menyebabkan sejumlah perubahan di bidang-bidang lain dalam waktu yang bersamaan. Dapat dikatakan bahwa dampak penemuan baru itu memancar ke beberapa bidang lainnya. Misalnya, penemuan radio menyebabkan perubahan di bidang pendidikan, pemerintahan, pertanian, rekreasi, dan sebagainya.
  • Penemuan baru menyebabkan perubahan-perubahan yang menjalar dari bidang atau lembaga yang satu ke bidang atau lembaga lainnya. Misalnya, penemuan pesawat tempur membawa pengaruh terhadap metode perang. Negara yang mempunyai pasukan perang yang kuat akan disegani negara-negara lain. Akibatnya negara tersebut akan menjadi negara adidaya.
  • Dengan menjadi negara adidaya, sikapnya terhadap negara-negara lain juga akan berubah. Beberapa jenis penemuan baru dapat mengakibatkan satu jenis perubahan. Misalnya, penemuan mobil, kereta api, rel kereta api, telepon, dan sebagainya memperbanyak pusat kehidupan di pinggir kota yang dinamakan masyarakat suburban.
Demikian pembahasan tentang pengertian inovasi, discoveri dan invention dilengkapi dengan contohnya masing-masing beserta pengaruh penemuan baru bagi perubahan sosial.

0 Response to "Pengertian Inovasi, Discovery dan Invention beserta Contohnya dalam Perubahan Sosial"

Post a Comment