Alasan Mengapa Indonesia keluar dari PBB

Berikut ini merupakan pembahasan tentang kondisi politik luar negeri Indonesia yaitu Alasan Mengapa Indonesia keluar dari PBB? alasan indonesia keluar dari pbb, mengapa indonesia keluar dari pbb, kenapa indonesia keluar dari pbb, kapan indonesia keluar dari pbb, keluarnya indonesia dari pbb.

Indonesia Keluar dari PBB

Dalam situasi konflik Indonesia - Malaysia, Malaysia dicalonkan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Menanggapi pencalonan Malaysia tersebut, Presiden Soekarno pada tanggal 31 Desember 1964 menyatakan ketidaksetujuannya.

Kalau PBB menerima Malaysia menjadi anggota Dewan Keamanan, Indonesia mengancam akan keluar dari PBB. Keberatan Indonesia itu disampaikan oleh Kepala Perutusan Tetap RI di PBB kepada Sekertaris Jenderal PBB, U Thant.

Ancaman Indonesia tidak mendapatkan tempat di PBB. Pada tanggal 7 Januari 1965, Malaysia diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Keputusan PBB ini membuat Indonesia menyatakan diri keluar dari PBB. Indonesia tidak menjadi anggota PBB lagi. Keluar dari PBB juga berarti keluar dari keanggotaan badan-badan PBB, khususnya UNESCO, UNICEF, dan FAO.
Alasan Mengapa Indonesia keluar dari PBB
Gambar: Indonesia Keluar dari PBB

Pernyataan resmi keluarnya pihak Indonesia dari PBB disampaikan melalui Surat Menteri Luar Negeri, Dr. Subandrio, tertanggal 20 Januari 1965.
Dalam surat tersebut ditegaskan bahwa Indonesia keluar dari PBB secara resmi pada tanggal 1 Januari 1965.
Jadi, alasan utama Indonesia keluar dari PBB adalah karena terpilihnya Malaysia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

0 Response to "Alasan Mengapa Indonesia keluar dari PBB"

Post a Comment