Sebab Khusus Perang Dunia 2 Terlengkap

Sebab terjadinya perang dunia 2 dibagi menjadi menjadi dua, yaitu sebab umum terjadinya perang dunia 2, dan sebab khusus terjadinya perang dunia 2.Pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang sebab-sebab khusus terjadinya perang dunia 2.

1. Serangan Jerman ke Polandia

Jerman menganggap perjanjian Versailles merugikan pihak Nazi. Salah satu isi Perjanjian Versailles menuntut agar Prusia Timur (daerah Jerman Timur) dipisahkan dari Jerman dengan Koridor Polandia sebagai pemisahnya.

Di tengah-tengah koridor ini, terletak kota Danzig yang berada di bawah penguasaan Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Status kota Danzig adalah kota merdeka. Hitler menuntut kota Danzig dimasukkan ke wilayah Jerman karena penduduknya berkebangsaan Jerman. Namun, Polandia menolak.

Polandia justru mengadakan perjanjian dengan Inggris, Perancis, Rumania, dan Yunani untuk saling menjamin kemerdekaan di antara mereka.

Hitler menjawab perjanjian tersebut dengan mengadakan perjanjian dengan Rusia. Dalam perjanjian itu, Rusia menyatakan tidak akan menyerang Jerman. Pada tanggal 1 September 1939, Jerman menyerbu Polandia.
Sebab Khusus Perang Dunia 2 Terlengkap
Gambar: Sebab Khusus Perang Dunia 2

Oleh karena itu, pada tanggal 3 September 1939, Inggris dan Prancis mengumumkan perang terhadap Jerman.

2. Jerman menyerang Uni Soviet

Penyerangan ini terjadi pada Juni 1941. Pada saat itu Uni Soviet dalam keadaan tidak siap menyerang, Hitler berinisiatif untuk menyerang lebih dulu. Hitler yakin Uni Soviet dapat dikalahkan dengan cara serangan kilat dan terus menerus.

Dengan dikalahkannya Uni Soviet oleh Jerman diharapkan dapat memaksa Britania mengadakan negosiasi dan mengakhiri peperangan.

3. Serangan Jepang atas Pearl harbour

Amerika Serikat berpendapat bahwa penyerbuan Jepang atas Pearl Harbour, Hawaii pada 7 Desember 1941 adalah penyebab Perang Dunia II.

Pada waktu yang sama jepang menyerbu Persemakmuran Filipina yang dikuasai Amerika Serikat, serta Malaya, Singapura dan Hong Kong yang dikuasai Kekaisaran Britania. Pada hari berikutnya Amerika Serikat dan Kekaisaran Britania mengumumkan perang dengan Jepang.

Pada 11 Desember Amerika Serikat terlibat perang di Eropa. Nazi Jerman dan Italia menyatakan perang terhadap Amerika Serikat.

Bagi bangsa Asia, penyerbuan Jepang atas Cina, pada tahun 1937, merupakan sebab langsung Perang Dunia II.

0 Response to "Sebab Khusus Perang Dunia 2 Terlengkap"

Post a Comment