Latar Belakang Perang Dunia 2 serta Dampak dan Akibatnya

Pada pembahasan kali ini kita akan bahas tentang Penyebab perang dunia 2, Latar belakang perang dunia 2, akibat Perang dunia 2, dan dampak perang dunia 2, dampak Perang Dunia 2 Dalam Bidang Politik, dampak Perang dunia 2 dalam bidang ekonomi,dampak peang dunia 2 dalam bidang sosial,serta dampak dalam bidang organisasi internasional.

1. Faktor-faktor penyebab Perang Dunia II

Perang Dunia II berlangsung antara tahun 1939–1945. Perang Dunia II tentu saja tidak muncul be-gitu saja.

Ada sebab-sebab umum dan sebab-sebab khusus yang mendorong terjadinya Perang Dunia II. Mari kita pelajari faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dunia II satu per satu!

a. Sebab Umum Perang Dunia II

Secara umum pecahnya Perang Dunia II disebabkan karena:
1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa,
2. Terjadinya perlombaan senjata,
3. Terbentuknya kembali aliansi politik yang saling bermusuhan,
4. Timbulnya imperialisme baru, munculnya semangat balas dendam,
5. Perkembangan paham nasionalisme yang sempit, dan
6. Terjadinya penyerbuan-penyerbuan.

b. Sebab Khusus Perang Dunia II

Salah satu isi Perjanjian Versailles menuntut agar Prusia Timur (daerah Jerman Timur) dipisahkan dari Jerman dengan Koridor Polandia sebagai pemisahnya.

Di tengah-tengah koridor ini, terletak kota Danzig yang berada di bawah penguasaan LigaBangsa-Bangsa (LBB). Status kota Danzig adalah kota merdeka.

Hitler menuntut kota Danzig dimasukkan ke wilayah Jerman karena penduduknya berkebangsaan Jerman. Namun, Polandia menolak. Polandia justru mengadakan perjanjian dengan Inggris, Perancis, Rumania, dan Yunani untuk saling menjamin kemerdekaan di antara mereka.

Hitler menjawab perjanjian tersebut dengan mengadakan perjanjian dengan Rusia. Dalam perjanjian itu, Rusia menyatakan tidak akan menyerang Jerman. Pada tanggal 1 September 1939, Jerman menyerbu Polandia.

Oleh karena itu, pada tanggal 3 September 1939, Inggris dan Prancis mengumumkan perang terhadap Jerman. Bagi bangsa Asia, penyerbuan Jepang atas Cina, pada tahun 1937, merupakan sebab langsung Perang Dunia II.

Sementara itu, Amerika Serikat berpendapat bahwa penyerbuan Jepang atas Pearl Harbour (7 Desember 1941) adalah penyebab Perang Dunia II.

2. Akibat-akibat Perang Dunia II

Perang Dunia II yang berakhir dengan korban dan kerugian yang jauh lebih besar daripada Perang Dunia I. Perang Dunia II juga membawa dampak yang luas dalam berbagai bidang, baik bidang politik, bidang ekonomi, bidang bidang sosial, maupun bidang organisasi internasional.

a. Dalam Bidang Politik

Setelah Perang Dunia II, tampak terjadi perubahan dalam bidang politik dunia. Dampak Perang Dunia II dalam bidang politik antara lain sebagai berikut.

  • Amerika Serikat dan Uni Soviet tidak hanya keluar sebagai pemenang perang, tetapi muncul sebagai dua kekuatan besar di dunia (adikuasa).
  • Terjadi persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk menjadi negara yang paling berpengaruh dan berkuasa di dunia.
  • Terjadi politik memecah belah oleh kedua negara adikuasa tersebut terhadap negara-negara lain, seperti Jerman, Korea, dan Indo-Cina.
  • Timbul negara-negara baru karena bangkitnya nasionalisme bangsa-bangsa bekas jajahan di Asia dan Afrika.
  • Terbentuknya Persekutuan politik baru. Adanya keseimbangan kekuatan mengakibatkan negara-negara besar berusaha kembali membentuk persekutuan-persekutuan baru yang didasarkan atas kepentingan keamanan bersama, seperti NATO (North Atlantic Treaty Organization), MEDO (Middle Eastern Defence Organization), SEATO (South East Asia Treaty Organization), dan Pakta Warsawa (sekarang sudah bubar).

Latar Belakang Perang Dunia 2 serta Dampak dan Akibatnya
Gambar: Organisasi Internasional Terbesar

b. Dalam Bidang Ekonomi

Perang Dunia II juga sangat berpengaruh terhadap keadaan ekonomi dunia. Dampak Perang Dunia II dalam bidang ekonomi antara lain sebagai berikut.

1. Perekonomian dunia rusak, kecuali Amerika Serikat. Dengan demikian, Amerika Serikat tampil sebagai negara kreditur utama bagi negaranegara di seluruh dunia.

Oleh karena itu, dibuatlah beberapa program untuk menyalurkan bantuan berupa kredit, seperti: Marshall Plan, Truman Doctrine, Point Four Truman, dan Colombo Plan.

Marshall Plan dibentuk untuk memberikan bantuan ekonomi dan militer untuk membangun kembali Eropa.

Truman Doctrine bertujuan memberikan bantuan ekonomi dan militer kepada Yunani dan Turki.

Point Four Truman bertujuan memberikan bantuan ekonomi dan militer kepada negara-negara yang masih terbelakang.

Colombo Plan merupakan program kerja sama pembangunan ekonomi dan kebudayaan di Asia Pasifik yang dibentuk di Inggris.

2. Jerman dan Jepang tumbuh kembali sebagai negara industri setelah memperoleh bantuan modal dari Amerika Serikat.

c. Dalam Bidang Sosial

Perang Dunia II juga berpengaruh besar dalam bidang sosial. Dampak Perang Dunia II dalam bidang sosial antara lain sebagai berikut.

  • Kedudukan golongan cerdik pandai (para ilmuwan) semakin kuat.
  • Muncul badan-badan sosial untuk menolong umat manusia yang menjadi korban perang, misalnya UNRRA (United Nations Relief Rehabilitation Administrations) yang bernaung di bawah PBB.

d. Dalam Bidang Organisasi Internasional

Karena manusia semakin menyadari kekejaman akibat perang, maka semakin menginginkan perdamaian. Untuk itu didirikan PBB (United Nations Organization) pada tahun 1945. Selain itu lahir pula gerakan non blok pada tahun 1961.

0 Response to "Latar Belakang Perang Dunia 2 serta Dampak dan Akibatnya"

Post a Comment