Sistematika Pidato dan Contoh Naskah (Teks) Pidato Singkat

Pembahasan kali ini adalah tentang cara membuat teks pidato, sistematika pidato, contoh teks pidato singkat, contoh naskah pidato singkat, contoh pidato bahasa indonesia singkat, contoh pidato perpisahan dan contoh pidato pendidikan.

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang menyimpulkan isi pidato, ceramah, atau khotbah, serta mampu berpidato, berceramah, atau berkhotbah. Pada pembelajaran berikut ini kamu diajak untu menulis naskah pidato, ceramah, atau khotbah.

Berpidato atau berceramah sering dilakukan dalam berbagai kegiatan. Sedangkan berkhotbah dilakukan pada waktu-waktu tertentu, misalnya khotbah Jumat, khotbah Hari raya idhul Adha, Khotbah hari raya Idhul Fitri, khotbah di Gereja pada Hari Minggu dan kegiatan keagamaan yang lain.

Kamu masih ingat bahwa pidato merupakan penyampaian gagasan, pikiran, informasi dari pembicara kepada khalayak ramai. Salah satu tujuan berpidato adalah meyakinkan pendengar tentang isi pidato yang disampaikan.

Sistematika Pidato

Agar dapat berpidato dengan lancar dan runtut sebelumnya perlu disipakan naskah pidato. Secara garis besar naskah pidato terdiri atas tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

1. Pembukaan, meliputi:

a. salam pembuka, misalnya: Assalaamualaikum warahmatullaahi wa barakatur, salam sejahtera bagi kita semua.

b. sapaan hormat; biasanya sapaan penghoramatan disampaikan kepada seseorang yang kedudukannya dianggap paling penting.

Contoh:

Yang terhormat Kepala Dinas Pendidikan

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Yang terhormat Bapak/Ibu guru.

Yang terhormat para tamu undangan,

Yang berbahagia teman-teman kelas IX

Adik-adik kelas VII dan VIII yang saya cintai dan saya banggakan.

c. ucapan syukur kepada Tuhan atas limahan rahmat, karunia yang telah diberikan kepada kita semua.

Contoh:

“Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Meha Kuasa, karena sampai pada detik ini kita semua masih diberi nikmat yang tiada tara. Salah satu nikmat itu adalah nikat sehat dan nikmat sempat sehingga kita semua dapat hadir di sini dalam keadaan sehat wal afiat tidak kurang suatu apa.

2. Isi Pidato

Bagian isi merupakan bagian inti dari pidato. Pada bagian ini, paparan mengenai topik yang disajikan menduduki persentase yang paling banyak.

Pembicara akan menguraikan secara rinci dan panjang lebar topik materi yang akan disampaikan kepada hadirin. Agar isi pidato dapat dengan mudah ditangkap isinya oleh pendengar, pembicara dapat menggunakan penanda, “pertama.... , “ “kedua .....”, ketiga .....” dan seterusnya. Penandapenanda seperti itu juga akan memudahkan penulis dalam menyusun gagasan teks pidato.

3. Penutup Pidato, meliputi:

a. simpulan pendek dari uraian sebelumnya.

b. permintaan maaf kepada hadirin mungkin saja terdapat kekhilafan dan kesalaham dalam berpidato.

c. Salam penutup.

Dalam penutup dapat juga diisi dengan mengutip pendapat atau katakata mutiara dari tokoh-tokoh besar, atau pantun yang sesuai dengan situasi saat itu.

Contoh:

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah sambutan saya, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan ada tutur kata yang salah saya mohon maaf. Kalau ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi. Kalau ada umur yang panjang semoga kita berjumpa lagi. Sekian. Terima kasih atas perhatian hadirin.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Pidato Singkat

Perhatikan contoh naskah pidato sambutan berikut ini!

PIDATO SAMBUTAN PELANTIKAN PENGURUS OSIS

Sistematika Pidato dan Contoh Naskah (Teks) Pidato Singkat
Gambar: Cara Berpidato
Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh, salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta anak-anakku yang saya sayangi.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir di aula sekolah kita tercinta ini dalam keadaan sehat wal afiat tiada halangan suatatu apa pun.

Sebentar lagi pengurus-pengurus OSIS yang baru akan dilantik, setelah itu mereka akan segera bekerja untuk menyusun program-program yang baru.

Anak-anakku yang saya sayangi

Dengan terpilihnya pengurus OSIS yang baru, saya mengimbau kepada segenap pengurus agar benar-benar menjadi pengurus yang bertanggung jawab dan penuh pengambdian. Apabila ada permasalahan-permasalahan yang harus dipecahkan, selesaikan dengan bermusyawarah. 

Laksanakan program-program yang telaah disusun dengan sebaik-baiknya. Program merupakan seperangkat rencana yang telah disusun dengan matang dalam jangka waktu tertentu.

Anak-anakku yang saya sayangi

Setelah selesai menempuh belajar di sekolah, kelak kamu akan terjun di masyarakat. Jika kamu mampu menjadi penguru OSIS yang baik dan penuh dedikasi, kamu akan mampu menghadapi persoalan yang mungkin saja muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Itulah pentingnya kamu belajar berorganisasi di sekolah melalui kegiatan OSIS.

Saya ucapkan selamat bekerja kepada pengurus baru dan selamat menjalankan program-program baru yang sudah disusun. Semoga Tuhan YME memberi kekuatan kepada kita semua. Amin.

Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf semua kekurangan.

Akhir kata wassalaamualaikum warahmatullaahi wa barakaatuh.

0 Response to "Sistematika Pidato dan Contoh Naskah (Teks) Pidato Singkat"

Post a Comment