Pengertian Membaca Memindai, Contoh dan Langkah-langkah Cara serta Tujuan Membaca Memindai Indeks Buku

Pokok-pokok dalam pembahasan kali ini adalah tentang definisi dan pengertian membaca memindai (scanning), contoh membaca memindai, langkah-langkah membaca memindai, cara membaca memindai dan tujuan membaca memindai serta teknik membaca memindai.

Informasi atau penjelasan kata tertentu dalam buku yang relatif tebal dapat ditemukan dengan cepat dengan teknik membaca memindai melalui indeks.

Pengertian Indeks Buku

Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku, iasanya terletak di bagian akhir buku tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Pengertian Membaca Memindai

Membaca memindai adalah suatu teknik membaca untuk menemukan informasi dari bacaan secara cepat, dengan cara menyapu kata demi kata dan dan halaman demi halaman secara merata. 
Mata bergerak cepat, meloncat-loncat, dan melihat kata demi kata. Setelah menemukan bagian yang dibutuhkan, gerakan mata berhenti. Selanjutnya informasi yang dibutuhkan dicermati.

Tujuan Membaca Memindai

Kamu tentu permah mencari kata atau istilah dalam buku yang tebal dengan waktu yang terbatas. Bagaimana kamu melakukannya? Apakah kamu akan membaca buku yang tebal itu baris demi baris, halaman demi halaman?

Jika demikian yang kamu lakukan, tentu tidak akan menemukannya dalam waktu cepat. Untuk menemukan informasi yang dimaksud dalam waktu singkat ikutilah kegiatan berikut ini!

Cermatilah contoh indeks dalam lampiran 1 yang terdapat dalam buku “Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia” berikut ini!

Pengertian Membaca Memindai, Contoh dan Langkah-langkah Cara serta Tujuan Membaca Memindai Indeks Buku
Gambar: Contoh Indeks Buku

Langkah-langkah dan Cara Membaca Memindai

a. Tentukan istilah apa yang akan kamu cari dalam buku tersebut. Misalnya kamu akan mencari penjelasan kata “analogi” dalam buku “Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga”

b. Carilah istilah “analogi” pada daftar Indeks tersebut. Gerakkan mata secara sitematis dan cepat; seperti anak panah, langsung ke tengah meluncur ke bawah dengan pola zig-zag.

c. Setelah kamu temukan, lambatkan kecepatan membaca untuk meyakinkan kebenaran dari istilah yang kamu cari. Kamu akan menemukan istilah tersebut tertulis analogi, 31, 228 artinya kata analogi terdapat pada halaman 31 dan 228.

d. Selanjutnya pandangan mata kamu dapat langsung meluncur mencari istilah itu dengan membuka buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia pada halaman 31 untuk mencari istilah tersebut.

e. Sudah kamu temukan bukan? Ya, ternyata istilah “analogi” terletak di halaman 31, baris pertama dan baris ke-5. Cepat bukan? Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit untuk menemukan istilah tersebut. Coba bandingkan jika kamu mencari istilah tersebut tidak menggunakan indeks, tentu akan memerlukan waktu yang cukup lama.

0 Response to "Pengertian Membaca Memindai, Contoh dan Langkah-langkah Cara serta Tujuan Membaca Memindai Indeks Buku"

Post a Comment