Pengertian dan Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah serta Cara Membuatnya

Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, majalah yang berisi tanggapan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih dan lain-lain. 

Surat pembaca metrupakan surat terbuka yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, peorangan, kelompok, atau organisasi.

Seperti pada surat pada umunya, struktur surat pembaca terdiri atas tiga bagian: pendahuluan, isi dan penutup.

Cara membuat Surat Pembaca

Menulis surat pembaca tidak sukar bukan? Pada dasarnya menulis surat pembaca tidak jauh berbeda dengan menulis surat lainnya.

Salah satu yang membedakan adalah bahwa surat pembaca itu apabila dimuat di surat kabar akan dibaca oleh banyak orang.

Untuk itu isi dan bahasa harus dikemas sedemikian rupa dengan mempertimbangkan norma-norma atau kaidah yang berlaku.

Bila ada persoalan yang harus diselesaikan mengenai sesuatu yang berada di sekitar lingkungan sekolahmu dan sekiranya tidak dapat kamu selesaikan seorang diri sampaikan pesoalan itu melalui surat pembaca agar mendapat tanggapan dari pihak-pihak yang terkait.

Contoh Surat Pembaca 

Kerusakan Lingkungan Hidup
Harus Dihentikan dengan Ketegasan Hukum

Pengertian dan Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah serta Cara Membuatnya
Gambar: Contoh Surat Pembaca tentang Lingkungan Sekolah
Ancaman pemenasan global telah menjadi masalah internasional, namun demikian di Indonesia penghancuran terhadap lingkungan terus saja terjadi. Perambahan hutan dan perusakan ekosistem pesisir terus berlanjut, sementara reboisasi yang dilakukan berjalan sangat lambat.

Secara nasional, Menteri Lingkungan Hidup Rachman Witoelar menyebutkan angka kerusakan hutan dan lahan di Indonesia sudah mencapai 59,2 juta hektare di tahun 2006, dengan laju kerusakan 1,19 juta hektare per tahun. Semua terjadi karena deforestasi (perusakan hutan), serta konversi lahan yang di perkotaan juga memprihatinkan.

Dari data Departemen Kehutanan, tahun 2002-2003 luas lahan berhutan di Indonesia masih 92,9 juta hektare. Akan tetapi, pada tahun 2005 tinggal 70,8 juta hektare. Hal ini disebabkan, antara lain pemberian kewenangan kepada daerah untuk mengeluarkan izin konsesi hutan hingga 100 hektar.

Atas nama pendapatan asli daerah, lingkungan sering dikorbankan. Oleh karena itu, mengingat hutan merupakan jantung ekosistem makhluk hidup, maka perusakan lingkungan harus dihentikan dengan segera. Bukan hanya kesadaran, tetapi harus menggunakan hukum lingkungan dengan sanksi yang tegas.

I Made Adiyaksa
Jl Wira Bhakti VI Jatiwaringin Jakarta Selatan
Sumber: Republika, Sabtu, 29 September 2007

0 Response to "Pengertian dan Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah serta Cara Membuatnya"

Post a Comment