Pengertian dan Contoh Cara Membaca Memindai (Scanning) Indeks Buku Telepon / Ensiklopedia

Pembahasan ini adalah tentang pengertian indeks, pengertian membaca memindai (scanning), contoh membaca memindai indeks buku telepon, cara membaca memindai indeks buku telepon atau ensiklopedia.

Kamu akan belajar menemukan informasi secara cepat dan tepat dalam buku melalui halaman indeks. Apakah sebenarnya halaman indeks? Pernahkah kamu mendengar kata halaman indeks? 

Apa manfaat halaman indeks dalam sebuah buku? Dalam pelajaran ini kamu akan memahami semua hal tentang halaman indeks. Menarik bukan?

Pengertian Membaca Memindai (Scanning)

Membaca Memindai (Scanning) adalah teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa memperhatikan materi yang lain.

Cara Menemukan Informasi Melalui Halaman Indeks secara Cepat dan Tepat

Indeks (penunjuk kata) biasa dipakai dalam buku ilmu pengetahuan yang banyak menggunakan kata-kata yang khas atau khusus. Contohnya buku-buku ilmu pengetahuan bahasa, sains, matematika, sosial, dan sebagainya, pasti pada halaman akhir setelah daftar pustaka terdapat halaman indeks. 

Indeks (penunjuk kata) tersebut berguna untuk membantu pembaca mencari halaman tempat kata-kata khas tersebut dapat ditemukan. Penunjuk kata tersebut berupa daftar yang disusun secara alfabetis. 

Contoh Indeks Buku

Di sebelah kanan daftar kata tersebut dicantumkan halaman tempat kata-kata khas itu dapat ditemukan dalam tubuh uraian karangan. Berikut sebuah contoh indeks dalam buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia tahun 2000 halaman 476.

Pengertian dan Contoh Cara Membaca Memindai (Scanning) Indeks Buku Telepon / Ensiklopedia
Contoh Cara Meminda Indeks Buku

Perlu kamu ingat bahwa indeks tidak sama dengan daftar isi. Daftar isi berisi petunjuk judul, subjudul, dan topik-topik tertentu. 

Indeks berisi petunjuk kata-kata atau istilah dan nomor-nomor halaman untuk menemukan pengertian dan penjelasannya dalam teks uraian pokok.

Dalam menemukan kata tertentu berdasarkan indeks, kamu akan menggunakan teknik membaca memindai (scanning). 

Scanning adalah teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa memperhatikan materi yang lain. Jadi, langsung ke masalah yang dicari, yaitu informasi tertentu. 

Usaha untuk menemukan informasi harus dilakukan dengan tepat. Dalam kehidupan sehari-hari scanning selain digunakan untuk menemukan kata atau informasi dari halaman indeks, juga digunakan untuk :
  • Mencari nomor telepon.
  • Mencari kata pada kamus.
  • Mencari angka-angka statistik.
  • Melihat acara siaran televisi.
  • Melihat daftar atau jadwal perjalanan.

Sekali lagi, perlu diingat bahwa pengertian scanning adalah mencari informasi khusus. Jadi, sebelum mencari, kamu telah mengetahui terlebih dahulu apa yang akan kamu cari. 

Misalnya kamu mencari pengertian kata analogi yang dalam indeks terdapat dalam halaman 31 atau 228. Kamu dengan segera membuka halaman tersebut.

a. Seperti anak panah, langsung ke tengah meluncur ke bawah mencari kata analogi dan pengertiannya.

b. Setelah menemukan tempatnya, lambatkan kecepatan membaca untuk meyakinkan kebenaran apa yang kamu cari.

Jadi, hal-hal tersebut merupakan cara membaca cepat dengan teknik memindai mencari kata berdasarkan indeks.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Cara Membaca Memindai (Scanning) Indeks Buku Telepon / Ensiklopedia"

Post a Comment